Berkunjung ke suatu daerah tak lengkap kiranya berburu kuliner. Makanan berbahan baku dari nasi, selalu menarik untuk dicoba.

Jika di Jawa Timur, ada tahu lontong, kupat sayur, dan beragam menu dari bahan baku nasi atau beras putih. 

Namun, jika berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, juga ada menu dari kupat. Berkunjung ke kota ini ada baiknya singgah mencicipi kupat tahu. 

Kuliner kupat tahu adalah khas dari Magelang. Yang cukup ramai adalah Tahu Pojok Magelang. Kios ini terletak di Jalan Tentara Pelajar Nomor 14, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Masuk ke lokasi ini, langsung disambut dengan tembok yang penuh terpasang foto-foto, mulai dari artis hingga Presiden. 

Mereka di antaranya Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bersama istrinya, artis Christine Hakim, Indro Warkop DKI, dan banyak sosok terkenal lainnya yang singgah ke tempat ini. 

Seperti namanya, kupat tahu, adalah makanan berisi kupat, tahu goreng serta bakwan sayur. Di atasnya ditaburi sayuran seperti kecambah, kol, serta seledri. Disiram dengan saus kacang, ditaburi dengan bawang goreng dan sambal, makanan ini nikmat jadi penghilang lapar.

Warung makan ini berdiri sejak 1942 dan tetap menjadi rujukan kuliner Magelang hingga kini. Satu porsi makanan ini harganya cukup terjangkau, sekitar Rp18 ribu per porsi. Sebagai pelengkapnya, ada banyak lauk yang bisa dinikmati.

Bian, warga Kediri yang berkunjung ke warung ini mengaku merasakan sensasi rasa yang berbeda. Kuliner ini manis dan gurih. "Rasanya manis dan gurih, tapi ini cukup enak. Dengan sambal banyak, lebih enak lagi," kata Bian yang memang suka pedas. 

Jika ke Magelang, tak ada salahnya mencicipi kuliner satu ini, rasanya manis dan gurih. Warung ini juga selalu ramai. Namun, di sekitarnya juga banyak warung yang sama, dengan menu kupat tahu. Jadi, silakan dipilih....(*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022