Pemimpin pasar alat kesehatan Indonesia dengan merek OneMed, PT Jayamas Medica Industri Tbk memulai rangkaian initial public offering (IPO) dengan melepas sebanyak 15 persen saham baru ke publik.

Founder and CEO OneMed Group Yakobus Jemmy Hartanto mengatakan pihaknya menunjuk CLSA Limited, CIMB Investment Bank Berhad, PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT Ciptadana Sekuritas Asia sebagai Joint Global Coordinators, Bookrunners dan Joint Lead Underwriters, serta AvantGarde Capital yang bertindak sebagai penasehat keuangan.

"Usai mengantongi surat pernyataan pra-efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 5 Oktober 2022, kami akan memulai rangkaian bookbuilding atau penawaran awal dari rangkaian IPO yang dijadwalkan pada 6 Oktober sampai 12 Oktober 2022," ujarnya di Surabaya, Kamis.

Yakobus menjelaskan setelah penawaran awal, surat pernyataan efektif dari OJK diharapkan dapat diperoleh pada 21 Oktober 2022.

Selanjutnya, penawaran umum perdana saham diharapkan dapat berlangsung pada 25 Oktober sampai 27 Oktober 2022 yang dilanjutkan penjatahan.

"Adapun, distribusi saham diharapkan dapat dilakukan pada 28 Oktober 2022 dan kemudian dilanjutkan dengan pencatatan saham (listing) perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 31 Oktober 2022," ujarnya.

Pencatatan diharapkan dapat dilakukan pada papan utama BEI. Sementara itu, untuk kebijakan dividen, perseroan menetapkan sebesar setidaknya 25 persen dari laba bersih.

Rencananya, pihaknya akan menggunakan mayoritas dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham untuk ekspansi.

Secara terperinci, sebesar sekitar 72,19 persen persen dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha Perseroan meliputi capital expenditure (capex) atau belanja modal dan modal kerja.

Selanjutnya, 22,87 persen akan diberikan kepada anak usaha PT Intisumber Hasil Sempurna Global dan 4,94 persen akan diberikan kepada anak usaha yaitu PT Inti Medicom Retailindo dalam bentuk setoran modal untuk belanja modal dan modal kerja untuk memperluas jaringan distribusi dan retail.

 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022