Jumlah pendaftar calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan di Kabupaten Pamekasan tercatat memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan.

"Jumlah perempuan yang mendaftar sebagai calon anggota panwaslu kecamatan sebanyak 37 orang dari total 274 orang pendaftar se-Kabupaten," ujar  kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Pamekasan Abdullah Saidi, Kamis.

Menurut Saidi, pemenuhan kuota 30 persen keterwakilan perempuan itu tercatat pada semua kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Saat ini, Bawaslu Pamekasan masih melakukan penelitian berkas administrasi para pendaftar hingga 30 September 2022.

"Selain berkas, ada beberapa hal yang menjadi perhatian pada penelitian berkas yang diajukan pendaftar," ucapnya.

Beberapa hal tersebut antara lain pendaftar bukan anggota partai politik, berumur minimal 25 tahun dan ijazah pendidikan terakhir tingkat SMA. Hasilnya penelitian berkas akan diumumkan pada 1 Oktober 2022.

Calon anggota panwaslu kecamatan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes tulis pada 14 hingga 16 Oktober 2022, dilanjutkan tes wawancara pada 18 hingga 22 Oktober 2022. Sedangkan pengumuman hasil tes pada 25 Oktober 2022.

Menurut Abdullah Saidi, jumlah calon anggota panwaslu kecamatan yang direkrut untuk keperluan Pemilu 2024 sebanyak 39 orang. Mereka akan bertugas pada 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan, yang masing-masing kecamatan terdiri atas tiga orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022