Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak semua kalangan untuk melestarikan kesenian jaranan termasuk pecut yang digunakan dalam atraksi jaranan tersebut.

Wali Kota mengemukakan di Kediri ada "Kampung pecut" yang berada di Kelurahan Kemasan, yang  di tempat tersebut banyak orang mencari pecut termasuk ingin belajar menggunakannya.

"Kampung Pecut ini dibuat untuk melestarikan budaya lokal dan juga untuk menarik orang untuk datang," katanya di Kediri, Jumat.

Ia pun mengapresiasi warga di Kelurahan Kemasan, Kota Kediri yang membuat "Kampung pecut tersebut".

Terlebih lagi, dalam waktu dekat ada bandar udara yang dioperasionalkan, sehingga ada kesempatan untuk lebih mengenalkan kesenian ini.

"Harapannya ketika internasional airport berdiri ada alasan untuk datang ke Kediri, jadi tidak hanya untuk kerja. Orang bisa singgah ke Kediri dan melihat kearifan lokal yang ada di setiap daerah. Kebetulan di Kemasan ini pusatnya pecut. Semoga dengan ini ekonomi juga berputar di sini," kata dia.

Kampung pecut juga menarik kunjungan warga, termasuk dari kalangan artis, antara lain Nadya Arina, Omar Daniel, Anggika Bolsterli, dan Wafda Saifan.

Bahkan, Sutradara film Hati Suhita yakni Archie Hekagery beserta beberapa artis berkunjung ke Kampung Pecut belajar memainkan dan membunyikan pecut yang ukurannya juga besar.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022