Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin) mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik tahun 2022.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan tersebut pada acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar di Kota Surabaya pada 13 September 2022.

Humas Pemerintah Kabupaten Trenggalek Agus Wiyono dalam keterangan persnya di Trenggalek, Kamis, mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan untuk komitmen Bupati dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan, mulai dari penanaman pohon, pengelolaan sampah, sampai pelaksanaan program penghargaan Adipura tingkat desa.

Dalam program penghargaan Adipura Desa, pemerintah desa yang menjalankan upaya-upaya pelestarian lingkungan akan mendapatkan bantuan keuangan.

Program Adipura Desa memudahkan Trenggalek menjalankan Proklim serta menggerakkan warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan konservasi.

"Semakin banyak desa yang ikut Adipura Desa, semakin banyak kemudian masyarakat yang peduli terhadap lingkungan," kata Bupati.

"Bukan hanya hari ini saja kita bisa menikmati lingkungan hidup yang berkualitas. Tetapi juga nanti generasi yang akan datang juga bisa merasakan lingkungan hidup yang lebih baik," tambahnya.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Jawa Timur juga ada desa dan sekolah di Trenggalek yang mendapat penghargaan.

Dusun Bendogelor di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, mendapat penghargaan Proklim kategori utama, Desa Gading di Kecamatan Tugu mendapat penghargaan Desa/Kelurahan Berseri kategori madya, serta SMAN 1 Pule mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022