Ekspor kayu olahan asal Jatim di bawah naungan PT Darmi Bersaudara Tbk menujukkan angka kenaikan serta tren positif, dan periode Triwulan II/2022 hingga per 18 Agustus 2022 tetap mampu ekspor ke Asia Selatan, ditambah telah menembus pasar Rusia, Bosnia dan Belarusia.

Sekretaris Perusahaan PT Darmi Bersaudara Tbk, Gazali Hasan di Surabaya, Rabu, mengatakan, perseroan yang merupakan sebuah entitas usaha berjenis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mencatatkan kenaikan dari April hingga Juli 2022.

Pada April 2022, kata dia, total pengiriman mencapai 10 kontainer dengan volume 209,9614 meter kubik, dan meski pada Mei 2022 sempat terhenti namun pada Juni dan Juli 2022 total pengiriman naik menjadi 21 kontainer dengan volume masing-masing 425,4983 meter kubik (Juni) dan 420,6538 meter kubik (Juli).

Sedangkan untuk Agustus 2022, per tanggal 18 Agustus 2022 telah mencapai pengiriman18 kontainer dengan volume 373,1097 meter kubik. 

"Berdasarkan data itu, perseroan mempunyai optimisme yang relevan atas potensi serapan, sebagaimana dibuktikan dengan pertumbuhan eksposur penjualan sesuai tabel di atas," kata Gazali. 

Ia mengatakan, pada akhir Agustus 2022, Gazali menyebut, perseroan optimistis dapat menembus dan melampaui ambang psikologis pengiriman 100 kontainer, sebab telah menambah jaringan ekspor baru ke negara tujuan di Amerika Utara, Belanda, Australia, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Bosnia dan Belarusia. 

Meski demikian, kata Gazali, perusahaan memandang harga freight yang masih tinggi dan belum menunjukkan tren penurunan membuat harga sewa kontainer masih di atas tarif normal, sebagai dampak fakta kelangkaan kontainer selama masa pandemi COVID-19.

"Hal ini terjadi khususnya di pelabuhan keberangkatan dan pelabuhan tujuan ekspor, dan situasi-situasi kepastian ini tidak mungkin dihindari oleh perseroan, meski perseroan pada akhirnya tetap menjalankan usahanya dan tetap melakukan penjualan agar keberlangsungan usahanya dapat terus terjaga," katanya. 

Terkait langkah ke depan, kata dia, pada tahun 2023 perseroan mulai menjalankan program bina lingkungan sebagai manifestasi fokus pada salah satu pilar ESG yaitu environment atau lingkungan, dengan bentuk kongkret menjalankan replanting atas lahan yang batang pohonnya dijadikan bahan baku ekspor, dan langkah merumuskan program yang kini sudah dimulai.

Sementara itu, PT Darmi Bersaudara Tbk menyediakan produk kayu olahan bagi kebutuhan pelanggan internasional, seperti decking, E2E, T&G, flooring, door jamb, post beam, finger joint, serta window jamb yang seluruhnya merupakan material untuk pembuatan pintu, lantai, kusen dan sejenisnya. 

Untuk kantor pusatnya, yakni di Jalan Nginden Intan Barat V Biok C4/10, Surabaya, dan memiliki gudang penampungan bahan baku serta produk kayu olahan yang seluruhnya disewa yang berlokasi di Gresik, Bangil dan Pasuruan.(*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022