Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ini mengaku fokus mengupayakan stabilitas harga telur dan tepung terigu. 

Saat mengunjungi Pasar Tradisional Dukuh Kupang Surabaya, Zulhas, sapaan akrabnya, menyatakan bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya telah stabil.

"Misalnya, daging sapi, saat awal saya jadi jadi Menteri pada pertengahan Juni lalu harganya Rp155 ribu per kilogram. Kini telah kembali ke harga normal Rp120 ribu per kilogram," katanya kepada wartawan di sela memantau harga bahan-bahan kebutuhan pokok di Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu.

Begitu pula daging ayam, setelah sempat naik Rp52 ribu rupiah per kilogram, kini kembali normal Rp31 ribu.

Selain itu, bawang merah, dari sebelumnya Rp80 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp28 ribu.

Menurutnya, berdasarkan pantauan di berbagai pasar tradisional, tinggal harga telur ayam yang sampai sekarang masih tinggi, yaitu mencapai Rp30 ribu per kilogram. Harga normalnya Rp20 ribu.

Mendag Zulhas mengaku sedang ngecek penyababnya. 

Selain itu juga menyatakan fokus menurunkan harga tepung terigu yang selama tiga bulan terakhir terus naik dan sekarang mencapai Rp11 ribu per kilogram. 

"Tepung terigu mudah-mudahan bulan September nanti harganya turun," ujarnya. 

Zulhas memastikan Presiden Joko Widodo telah sukses melobi agar pintu impor tepung terigu kembali dibuka dari Ukraina setelah sempat terhenti akibat perang dengan Rusia.

"Sementara untuk kenaikan harga telur ayam masih saya cek dan diupayakan segera kembali stabil," ucapnya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022