Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, membagikan ribuan bendera Merah Putih secara gratis kepada warga setempat yang tersebar pada 14 kecamatan, sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus.

Seremoni pembagian bendera gratis itu dimulai dari Pendopo Manggala Praja Kabupaten Trenggalek yang dipimpin Wakil Bupati Syah Muhamad Natanegara, Rabu.

"Dengan pembagian bendera gratis ini diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme di masyarakat. Disamping juga untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan sebagai bentuk rasa cinta Tanah Air," kata Wabup Syah di Trenggalek.

Aksi bagi-bagi bendera dilakukan di jalan raya seputar alun-alun Kota Trenggalek. Syah bersama jajaran membagikan bendera kepada para pengendara yang melintas, baik pejalan kaki, pengendara sepeda, motor maupun kendaraan roda empat serta pedagang kaki lima.

"Benderanya tolong dipasang di rumah ya," ucap Syah berpesan kepada warga yang menerima.

Kegiatan yang mirip pemberian hadiah kejutan atau doorprize itupun mendapat sambutan antusias warga. Banyak yang mengucap terima kasih dan berjanji untuk segera memasangnya di tiang bendera depan rumah masing-masing.

"Wah, terima kasih pak. Semoga berkah ya. Dirgahayu Indonesia," sahut salah satu pengendara motor dengan nada girang.

Tak hanya di pusat kota, pembagian bendera gratis juga akan dilakukan jajaran birokrasi pemerintahan di tingkat kecamatan dan desa se-Trenggalek.

Total bendera yang dibagikan ada sebanyak 5 ribu helai siap pasang.

"Kita berharap ini menjadi momentum kebangkitan kita untuk menghadapi tahun-tahun yang lebih baik lagi depan," kata Wabup Syah.

Selain itu ia berharap para generasi penerus tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif. Sebab arah pembangunan suatu bangsa ada di tangan para generasi penerus.

Untuk itu, pembagian bendera merah putih itu diharapkan bisa meningkatkan semangat nasionalisme para generasi penerus.

"Kita memiliki kewajiban untuk meneruskan perjuangannya, mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal bermanfaat,” ujarnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022