Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) dr KH Umar Wahid “menantang” Rektor Prof Dr Haris Supratno mendirikan fakultas kedokteran di kampus tersebut.

"Apakah pada 6-7 tahun ke depan, Unhasy dapat mendirikan fakultas kedokteran?," ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin pagi.

Tantangan pendirian fakultas kedokteran itu tidak lepas dengan akan hadirnya Rumah Sakit Hasyim Asy’ari dalam waktu dekat ini.

Hadirnya RS Hasyim Asy’ari, kata dia, membuat Unhasy dituntut lebih maju dan berkembang, sehingga harus mampu dikolaborasikan dengan agama, kesehatan serta kewirausahaan.

Saat ini, Unhasy masih memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Informasi.

"Pada tahun-tahun berikutnya, semoga Unhasy dapat membuka fakultas kedokteran yang dapat bersinergi dengan RS Hasyim Asy’ari, serta menjadikan pesantren tidak hanya berbasis agama, tapi juga kesehatan dan ilmu umum," ucapnya.

Menurut dr Umar, kesehatan sangat dibutuhkan di setiap daerah, khususnya Jombang, sehingga dapat semakin membantu Pemkab Jombang untuk memajukan kesehatan.

Sementara itu Rektor Unhasy Prof Haris Supratno menyampaikan sejumlah kebijakan telah dilakukan selama ini, seperti menertibkan administrasi keuangan, meningkatkan akreditasi program studi, akreditasi institusi dan peringkat kampus secara nasional maupun internasional.

"Pada 30 Juli 2022, Unhasy juga telah meresmikan sebagai kampus yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan telah memberangkatkan 960 mahasiswa kuliah di luar kampus," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022