Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kediri terpilih David Tompo Wahyudi menegaskan komitmennya untuk meningkatkan ekonomi daerah serta anggota Kadin. 

"Pertama, kami kuatkan kepengurusan Kadin Kabupaten Kediri. Kami bentuk tim formatur yang dipilih dengan jernih agar nantinya kepengurusan yang terpilih tidak mementingkan diri sendiri, tetapi harus mementingkan organisasi dan kemajuan ekonomi daerah, utamanya dalam pengembangan UMKM dan potensi lain yang ada di kabupaten Kediri," kata David di Kediri, Jumat.  

David mengatakan potensi UMKM yang ada di kabupaten Kediri cukup besar.

Data Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Kediri terdapat tujuh produk UMKM memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut karena memiliki pasar yang menjanjikan. Produk itu adalah batik, bordir, sepatu, kerajinan tangan, senapan angin, makanan dan minuman olahan, dan susu.

"UMKM harus dibina dengan sebaik mungkin, kalau bisa naik ke tingkat internasional dan bisa ekspor karena UMKM Kabupaten Kediri ini sebenarnya sudah sangat luar biasa. Ini ditunjang dengan adanya rumah kurasi yang ada di Kota Kediri sehingga tidak ada kesulitan," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengucapkan selamat dan mengapresiasi komitmen Ketua Kadin Kabupaten Kediri terpilih terhadap pengembangan ekonomi daerah. 

"Kami dukung karena Kediri ini adalah salah satu kawasan yang memiliki beragam potensi bisa dikembangkan. Apalagi Kabupaten Kediri masuk dalam program prioritas pengembangan empat kawasan di Jatim, yaitu pengembangan kawasan Selingkar Wilis," ujar Adik.

Adik juga berpesan agar nantinya Ketua dan kepengurusan yang terpilih mampu bekerjasama dengan baik, membangun organisasi Kadin yang sehat dan mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan percepatan ekonomi Kabupaten Kediri.

Kadin Kabupaten Kediri menggelar musyawarah pemilihan Ketua baru. David Tompo Wahyudi terpilih secara aklamasi untuk periode (sisa) 2019--2024. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022