Ratusan orang menggelar pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pamekasan, Jawa Timur, Selasa malam.

Pawai yang melibatkan semua kelompok usia, seperti anak-anak, remaja, orang dewasa ini digelar masyarakat di Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan.

"Melalui pawai obor ini, kami bermaksud mengajak dan menghidupkan suasana kemerdekaan bangsa ini kepada masyarakat," kata juru bicara kegiatan pawai obor itu, Taufik.

Iringan musik drum band menambah meriah pawai obor yang berangkat dari pertigaan Dusun Daporah, menuju Balai Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan itu.

Di antara barisan warga yang membawa obor minyak tanah ini, ada juga sebuah replika perahu berwarna merah putih dengan foto Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di usung oleh beberapa orang.

Peserta anak-anak terlihat sumringah, sambil menyesuaikan langkah dengan iringan musik, sedangkan para orang tua berada di barisan paling belakang barisan peserta pawai obor tersebut.

Pawai obor oleh ratusan orang dari empat dusun tersebut, yakni Dusun Nung Malang, Darorah, Balang dan Dusun Madurasa ini sekaligus mengawali beragam kegiatan lomba yang hendak digelar di desa ini.

"Tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' pada HUT Kemerdekaan RI kali ini harus menjadi momentum dan penyemangat bagi masyarakat di desa ini akan pentingnya menghayati akan hakikat kemerdekaan bangsa ini," kata tokoh pemuda di desa ini yang juga anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Misnadi.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan kegiatan merayakan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI oleh semua lapisan masyarakat diharapkan tidak hanya sebatas perayaan semata, akan tetapi diharapkan bisa menumbuhkan sikap patriotisme.

"Yang juga penting kami ingatkan agar kita semua tetap menjaga disiplin protokol kesehatan sebagai upaya antisipasi sebab meski kasus aktif COVID-19 telah menurun, kehati-hatian tetap harus diutamakan demi kebaikan bersama," katanya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022