Sebanyak 305 dari 310 jamaah haji asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa, tiba di kantor pemerintah kabupaten setempat sekitar pukul 08:30 WIB dan disambut tangis bahagia keluarga.

Kasi Haji pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo, Adi Ariyanto mengemukakan, jamaah haji asal Situbondo jadwal penerbangan (kloter) 24 itu tiba di Bandara Juanda Surabaya, pada Senin (1/8) sekitar pukul 21:30 WIB, kemudian langsung menuju Asrama Haji Sukolilo, dan pada Selasa (2/8) pukul 02:30 WIB bertolak ke Situbondo.

"Total jamaah haji Situbondo sebanyak 310 orang, tapi yang sampai hari ini sebanyak 305 orang. Satu orang jamaah meninggal dunia di Jeddah, usai melakukan serangkaian rukun haji," ujar Adi Ariyanto kepada wartawan di Situbondo.

Sedangkan empat orang jamaah haji lainnya, katanya, akan sampai ke Tanah Air pada tanggal 7 Agustus 2022, ikut jadwal penerbangan terakhir, yakni kloter 33.
 
Jamaah haji tiba di Kantor Pemkab Situbondo. Selasa (2/8/2022) (ANTARA/ Novi H)

"Keempat jamaah haji tersebut menyusul karena hasil tes PCR hasilnya reaktif saat pemberangkatan bulan lalu, sehingga empat orang jamaah haji ini menyusul, ikut jadwal penerbangan terakhir bersama dengan kabupaten lainnya," tutur Adi.

Menurut dia, kepulangan jamaah haji asal Situbondo disambut langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi, di Rumah Makan Bromo Asri, Probolinggo.

"Pak Bupati menyambut kedatangan jamaah haji di Probolinggo sekitar pukul 05:00 WIB, dan selanjutnya langsung bertolak ke Situbondo," paparnya.

Adi menambahkan, kepulangan jamaah haji Situbondo dibagi menjadi tiga titik, yakni wilayah barat di Alun-Alun Besuki, wilayah tengah di Pemkab Situbondo dan wilayah timur di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo.

"Tiba di Tanah Air semua jamaah haji alhamdulillah sehat dan tidak ada yang reaktif. 100 persen dinyatakan negatif," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022