Bawang merah menjadi salah satu komoditas yang memicu laju inflasi pada bulan Juli 2022 di Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan angka inflasi di kabupaten setempat mencapai 0,67 persen.

"Komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi bulan Juli 2022 di antaranya bawang merah, perguruan tinggi, daging ayam ras, sekolah dasar dan cabai," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jember Arif Joko Sutejo dalam paparan rilis inflasi di Kantor BPS setempat, Senin.

Komoditas bawang merah mengalami inflasi 41,02 persen dengan andil 0, 12 persen; perguruan tinggi alami inflasi 4,55 persen dengan andil 0,09 persen; dan daging ayam ras alami inflasi 7, 28 persen dengan sumbangan inflasi 0,07 persen.

"Pada Juli 2022, Kabupaten Jember mengalami inflasi sebesar 0,67 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 113,1 persen," katanya.

Untuk komoditas yang memberikan sumbangan deflasi di Jember pada Juli 2022 di antaranya gula pasir, bayam, pembalut wanita, obat dengan resep dan daging sapi.

Dari 11 kelompok pengeluaran, lanjut dia, tercatat tujuh kelompok pengeluaran mengalami inflasi, dua kelompok pengeluaran alami deflasi dan dua kelompok masih stabil.

"Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok pendidikan sebesar 2,6 persen, diikuti oleh kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 1,34 persen, dan kelompok yang mengalami inflasi terkecil adalah kelompok transportasi 0,1 persen," ujarnya.

Kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah pakaian dan alas kaki sebesar sebesar -0,12 persen dan kelompok pengeluaran Kesehatan sebesar -1,43 persen. Sedangkan kelompok yang stabil adalah informasi, komunikasi dan jasa keuangan, dan rekreasi, olahraga dan budaya.

Dari delapan kota IHK di Jatim semuanya mengalami inflasi dengan inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 1,04 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Probolinggo sebesar 0,52 persen.

Inflasi Jawa Timur pada bulan Juli 2022 adalah 0,61 persen dan inflasi nasional tercatat 0,64 persen, sehingga inflasi Jember sebesar 0,67 persen tercatat melampaui inflasi Jawa Timur dan nasional.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022