Komando Distrik Militer 0823/ Situbondo, Jawa Timur, menerjunkan 150 personel dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 untuk membangun infrastruktur jalan desa dan jembatan penghubung perbatasan Situbondo-Bondowoso.

Komandan Kodim 0823/ Situbondo Letkol Inf. Bayu Anjas Asmoro mengatakan kegiatan TMMD kali ini menyasar desa terpencil, yaitu Desa Campoan, Kecamatan Melandingan, yang membutuhkan akses jalan.

"Di sana kami akan membangun infrastruktur jalan menuju sebuah jembatan penghubung antara Kabupaten Situbondo dan Bondowoso," ujar Dandim Bayu.

Menurut ia, jalan desa tersebut menuju jembatan yang menghubungkan Situbondo dengan Bondowoso. Namun, masyarakat Bondowoso lebih banyak melakukan aktivitas di Situbondo. Hanya saja, akses jalannya sulit ditempuh.

"Infrastruktur jalan menuju jembatan inilah yang akan kami bangun dalam kegiatan TMMD tahun ini," katanya.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi pimpin upacara pembukaan TMMD ke-114 tahun 2022 di Alun-Alun Situbondo. Selasa (26/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Bayu mengemukakan kegiatan TMMD merupakan bentuk sinergitas bersama pemerintah daerah setempat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bersifat fisik maupun non-fisik, meyiapkan alat dan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh.

"Ini adalah bentuk sinergitas antara TNI dengan pemerintah daerah," tuturnya.

Ia menambahkan TMMD ke-114 mengusung tema "Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" dengan menerjunkan 150 personel dan dibantu oleh masyarakat sekitar sebanyak 200 kepala keluarga karena medannya berat, pembangunan infrastruktur jalan ini menggunakan alat berat.

"Kami terjunkan 150 personel, partisipasi-nya sekitar 200 kepala keluarga. Kami juga dibantu alat berat karena medan-nya cukup terjal," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022