Ketua TP PKK Kota Kediri, Jawa Timur, Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengingatkan pelaku UMKM soal pentingnya perizinan produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang harus dimiliki produsen produk makanan tertentu agar meyakinkan konsumen bahwa usahanya sudah terdaftar resmi di pemerintah.

"Produk yang sudah PIRT berarti secara standar kesehatan sudah memenuhi. Di workshop ini akan di-upgrade lagi ilmunya dalam mengolah makanan dengan standar mutu yang baik," kata Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jatim, Kamis.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini saat hadir dalam lokakarya peningkatan wawasan PIRT tersebut juga menjelaskan selain memiliki izin termasuk PIRT, UMKM harus terus memperbaiki kemasan produknya. Kemasan yang bagus dapat menarik konsumen sebab kemasan produk adalah yang pertama dilihat konsumen.

"Dengan kemasan yang menarik pula harga bisa bersaing. Produknya enak tapi kalau kemasannya kurang menarik ya tidak akan dilirik pasar. Kita harus buat nilai tambah untuk produk kita bisa naik kelas," kata dia.

Bunda Fey, sapaan akrabnya, juga berharap akan muncul banyak inovasi dari pelaku UMKM Kota Kediri. Kendati sempat terdampak pandemi COVID-19, dirinya optimistis UMKM bangkit turut menggerakkan perekonomian di Kota Kediri.

"UMKM ini seksi sekali, omzetnya keren. Meskipun dua tahun 'tertidur' karena pandemi, sekarang bisa bangkit. Semoga bisnis terus berkembang dan terus menambah nilai perekonomian," ujar dia.

Workshop bagi produsen ini diselenggarakan di Hotel Merdeka, Kota Kediri diikuti oleh 50 produsen. Workshop ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Elvita Kediri.

Di lokasi tersebut juga ada displai beragam produk UMKM milik peserta. Bunda Fey juga sempat meninjau secara langsung beragam produk UMKM dari Kota Kediri tersebut serta meneliti apakah izin usaha sesuai ketentuan atau belum dan ternyata sudah semua.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima, Kepala DPM PTSP Kota Kediri Edi Darmasto, Sekretaris Disperdagin Kota Kediri Prihastuti Tintawati, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022