Empat gol dari penyerang berusia 17 tahun Hokky Caraka mewarnai kemenangan Indonesia dengan skor 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 Tahun 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin malam.

Selain Hokky, tiga gol lain timnas Indonesia dilesakkan oleh Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri, dan Alfriyanto Nico.

Hasil tersebut membuat Indonesia menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 Tahun 2022, dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Vietnam yang berpoin sama harus tergeser ke peringkat ketiga karena kalah selisih gol dari Indonesia. Adapun Thailand bertengger di puncak dengan enam poin dari dua pertandingan, lalu Myanmar keempat, diikuti Filipina dan Brunei Darussalam di peringkat terakhir.

Pada laga versus Brunei Darussalam, Indonesia yang berseragam merah-putih bermain agresif sejak menit awal dan membuka skor melalui tendangan Hokky Caraka yang memanfaatkan umpan Kakang Rudianto saat laga baru dua menit.

Berselang sepuluh menit, giliran Ronaldo Joybera Kwateh menggandakan skor untuk skuad "Garuda Nusantara" dan Hokky mencetak gol keduanya hanya lima menit kemudian.

Hokky Carakan, pemain jebolan Garuda Select, menorehkan gol ketiganya pada menit ke-19 meneruskan umpan dari Kakang.

Indonesia melengkapi dominasinya atas Brunei Darussalam pada babak pertama melalui gol tambahan dari Arkhan Fikri (20') dan gol keempat Hokky (45+1').

Setelah turun minum, pelatih Shin Tae-yong mengganti pemain andalannya, yakni Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dan Arkhan Fikri.

Strategi itu membuat intensitas tekanan Indonesia menurun. Tim "Garuda Nusantara" hanya mampu menghadirkan satu gol pada babak kedua dari sepakan Alfriyanto Nico pada menit ke-61.

Tak ada gol tambahan setelahnya dan tuan rumah Indonesia menutup pertandingan itu dengan kemenangan telak 7-0.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022