Komoditas cabai rawit menjadi penyumbang tertinggi inflasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada bulan Juni 2022 yang tercatat sebesar 0,71 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 112,35 persen.

"Komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi bulan Juni 2022, di antaranya cabai rawit, tomat, cabai merah, bawang merah, telur ayam ras, dan beras," kata Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jember Candra Birawa dalam konferensi pers secara daring di Kantor BPS setempat, Jumat.

Cabai rawit memberikan andil atau sumbangan inflasi sebesar 0,3215 persen; tomat sebesar 0,091 persen; cabai merah sebesar 0,0604 persen; bawang merah sebesar 0,0385 persen; telur ayam ras sebesar 0,0296 persen; dan beras sebesar 0,0268 persen.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Jember, harga cabai rawit pada bulan Juni 2022 berkisar Rp85 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram. Di Pasar Tanjung Jember pada awal Juli 2022 tercatat harga cabai rawit Rp97 ribu per kilogram dan cabai merah besar Rp65 ribu per kilogram.

"Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan deflasi di Jember yakni bawang putih, daging ayam ras, cumi-cumi, minyak goreng, dan daun bawang," tuturnya.

Candra mengatakan dari sebelas kelompok pengeluaran tercatat tujuh kelompok pengeluaran mengalami inflasi, tiga kelompok pengeluaran mengalami deflasi dan satu kelompok stabil.

Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 2,12 persen; diikuti oleh kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 0,76 persen; dan kelompok yang mengalami inflasi terkecil adalah kelompok kesehatan sebesar 0,1 persen.

Kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah transportasi dan kelompok pengeluaran perawatan pribadi dan jasa lainnya, serta kelompok pengeluaran informasi, komunikasi dan jasa keuangan, sedangkan kelompok yang stabil atau tidak mengalami kenaikan
harga adalah pendidikan.

"Dari delapan kota IHK di Jawa Timur, semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kediri sebesar 0,78 persen dan inflasi terendah terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 0,45 persen," ujarnya.

Inflasi bulanan (mtm) di Jember pada Juni 2022 sebesar 0,71 persen lebih tinggi dibandingkan inflasi Jawa Timur sebesar 0,52 persen dan inflasi tahunan (yoy) juga sama bahwa Jember sebesar 5,53 persen lebih tinggi dibandingkan Jatim sebesar 4,92 persen.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022