Sebanyak 70 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya mengikuti program Student Outbound di luar negeri yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19.

"Program ini merupakan program kedua dalam pengiriman mahasiswa untuk menempuh studi di luar negeri selama pandemi. Kami telah mengirimkan 140 mahasiswa sejak pertama program ini berjalan di tahun 2017," kata Wakil Dekan FK Unair, Dr. dr. Achmad Chusnu Romdhoni kepada wartawan, Jumat.

Sebelumnya beberapa mahasiswa mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) ke Eropa, Rumania dan Inggris tahun lalu.

"Tahun ini jumlahnya lebih besar, ada 70 mahasiswa yang akan menempuh studi di Thailand, Jepang dan Malaysia. Mereka akan mengikuti studi full time selama tiga bulan atau part time kurang dari tiga bulan," ujarnya.

Dengan kegiatan ini dia berharap mahasiswa akan belajar hal baru serta berkolaborasi dengan teman dan guru dari luar negeri. Selain itu FK unair juga akan mendapat nilai positif karena adanya kolaborasi.

"Karena mereka mahasiswa aktif, jika ada yang kurikulumnya matching bisa di ikutkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka," katanya.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti outbond ke Osaka University Hanif Ardiyansyah Sulistya mengungkapkan dirinya mengajukan diri untuk program ini karena tertarik dengan kampus tersebut yang memiliki predikat baik di dunia.

Sehingga dirinya dan tiga temannya akan diterima untuk menempuh studi selama 26 hari di kampus ternama di Jepang tersebut.

"Saya dan teman-teman akan belajar dua subject yang berbeda. Ada riset mikrobiologi selama 26 hari. Nantinya kami akan melaporkan riset kegiatan di sana. Kami ada dua fokus utama, vaskuler lebih pada steam cell untuk terapi serta Emerging Viral Diseases pada mamalia," ungkapnya.

Hanif mengaku tidak mengeluarkan biaya akomodasi karena ditanggung Osaka University, bahkan mereka mendapat uang saku sebesar 80 ribu yen. Sementara dari Unair ia juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp5,5 juta. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022