Pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina bisa dilakukan oleh masyarakat dengan mengunjungi laman subsiditepat.mypertamina.id yang akan dimulai pada Jumat, 1 Juli 2022.

"Untuk pendataan itu adanya di web Pertamina, dengan alamat di subsiditepat.mypertamina.id dan itu akan kita mulai besok, per 1 Juli 2022. Sekali lagi, itu akan dimulai pendaftarannya," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam jumpa pers virtual, Kamis.

Irto mengatakan selama proses registrasi yang dimulai 1 Juli 2022, pembelian BBM subsidi jenis pertalite dan solar masih dilakukan seperti biasa.

Baca juga: Pengamat: Pertamina seharusnya berlakukan pembelian pertalite untuk roda dua

Irto menuturkan pendaftaran pembelian BBM subsidi pada laman tersebut juga hanya berlaku untuk pemilik kendaraan roda empat atau lebih, sedangkan untuk sepeda motor belum berlaku.

"Jadi, saya tegaskan untuk pendaftaran saat ini kita buka untuk kendaraan roda empat, khususnya pertalite. Lalu untuk solar sesuai Perpres Nomor 191 Tahun 2014," kata Irto.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah terus menahan harga pertalite tidak naik

Ia juga menjelaskan mulai besok masyarakat hanya perlu mendaftar di laman tersebut (website MyPertamina), sedangkan untuk penerapan mekanisme baru pembelian pertalite dan solar menggunakan QR Code belum dapat direalisasikan selama masa pendaftaran masih berlangsung.

"Saya harus luruskan juga bahwa jangan sampai ada anggapan besok harus ada QR Code kalau tidak ditolak, itu tidak benar. Semua proses pembelian masih seperti biasa," katanya.

Baca juga: Buka Kongres PMKRI, Presiden Jokowi kembali singgung besarnya subsidi BBM

Seusai mendaftar di laman tersebut dan memasukkan data yang sesuai, kata Irto, maka masyarakat akan tergolong sebagai penerima BBM subsidi lalu, juga akan menerima QR Code yang harus ditunjukkan ketika akan membeli BBM subsidi jenis solar atau pertalite.

"Kemudian, saya juga ingin tegaskan bahwa untuk proses pembeliannya bila nanti sudah ada QR Code bisa ditunjukkan saja, baik di HP atau print-out. Jadi, QR Code ini bisa melekat kepada kendaraan," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022