Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengenalkan layanan kesehatan dan pariwisata Malaysia kepada warga Surabaya melalui kegiatan "Malaysia Healthcare Expo 2022" yang digelar di Atrium Tunjungan Plaza 3, mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2022.

Direktur MHTC, Farah Delah mengungkapkan Malaysia biasanya menjadi opsi kedua perawatan kesehatan bagi pasien Indonesia dan dibukanya MH Expo ini untuk memberikan informasi lebih dekat pada masyarakat Indonesia.

"Kami bukan kompetitor rumah sakit di Indonesia karena biasanya pasien ke Malaysia saat tidak menemukan obat di Indonesia," katanya dalam pembukaan MH Expo 2022, Kamis

"Jadi selama kami membuka expo, masyarakat di Surabaya dan sekitarnya bisa lebih dekat mendapat informasi tentang kesehatan dan wisata di Malaysia," ujarnya.

Dia mengungkapkan, di tahun 2019 ada sebanyak 670 ribu pasien asal Indonesia datang ke Malaysia untuk mendapat perawatan. Hal ini lantaran perawatan kesehatan di Malaysia berkualitas, terjangkau, mudah diakses serta menyeluruh.

Meski begitu, sejak pandemi perbatasan Malaysia ditutup sehingga banyak pasien yang tidak bisa berobat.

Farah mengungkapkan perawatan paling banyak diminati masyarakat Indonesia diantaranya jantung, kanker, bayi tabung, orthopedic dan medical check up.

Medical check up paling banyak diminati karena jarak Malaysia ini dekat dengan Indonesia, sehingga pasien datang pagi, malam sudah ada hasilnya dan bisa langsung pulang ke Indonesia.

"Yang terbaru kami mengadakan awareness pada hepatitis C sesuai anjuran WHO untuk mengurangi angka pasien hepatitis C. Dan 97,46 persen pasien Hepatitis C di Malaysia telah sembuh dengan biaya perawatan yang lebih terjangkau," ungkapnya.

Dikatakan Farah, perawatan kesehatan di Malaysia diatur ketat oleh Kementerian Kesehatan setempat. Pihaknya berkomitmen untuk dapat memastikan Malaysia sebagai tujuan yang aman dan terpercaya bagi pasien Internasional.

"Malaysia Healthcare juga menawarkan wisata medis berkualitas untuk mereka yang ingin melakukan perobatan, tentunya dengan end to end services serta adanya ketersediaan layanan serta produk medis yang Halal," katanya.

"MH Expo Surabaya akan diwakili oleh berbagai rumah sakit anggota Malaysia Healthcare dan perwakilan pariwisata negara bagian Malaysia," ujarnya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022