Tim Penggerak PKK Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar seminar bertajuk "Lansia Sehat, Lansia Hebat" memperingati Hari Lansia ke-26 tahun 2022.

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini sengaja digelar guna memberikan bekal pengetahuan kesehatan kepada kader PKK terutama bagi warga yang sudah lanjut usia (lansia) untuk menjalani masa tua yang sehat, aktif, mandiri dan produktif.  

"Usia hanya persoalan angka. Muda tua itu hanya persoalan jiwa dan bagaimana kita bersikap. Mau rebahan, mau tetap gesit, senam pagi, rukun sama tetangga, tetap aktif berkegiatan itu pilihan," katanya di Kediri, Rabu. 

Ia berharap kegiatan ini bisa membawa semangat baru terutama kepada warga yang sudah lansia. Kader PKK juga bisa memberikan pengetahuan berbagi kepada mereka yang sudah lansia, agar tetap bahagia. 

Ia juga mengatakan, beberapa waktu lalu berkunjung ke RSUD Kupang. Di rumah sakit tersebut memiliki paliatif center, karena di sana 50 persen pasien meninggal adalah pasien terminal. 

Di rumah sakit itu juga memberikan pelayanan yang paripurna untuk para pasiennya. Bahkan teman-teman paliatif di sana itu hanya sekedar datang untuk memandikan warga atau pasien terminal yang sudah tidak bisa melakukan sesuatu. Hal-hal yang dilakukan teman paliatif tersebut merupakan cara membuat bahagia pasien terminal di hari-hari akhir di sisa hidupnya, yang mungkin keluarga terdekatnya belum bisa memberikan.

"Mudah-mudahan masyarakat di Kota Kediri juga selalu sehat, pandemi segera jadi endemi. Namun kita masih harus berhati-hati dan harus sabar. Persoalan bersama mari kita selesaikan bersama, mari kita dukung apa yang sudah ditetapkan pemerintah serta kita harus yakin dan percaya bahwa itu semua untuk kebaikan rakyat Indonesia," kata Bunda Fey, sapaan akrabnya. 

Kegiatan seminar ini dihadiri dokter Agus Ali Fauzi PGD Pall Med (ECU), yang merupakan ahli paliatif RSUD dr Soetomo, Surabaya.

Turut hadir dalam seminar ini anggota TP PKK Kota Kediri, perwakilan DP3AP3KB, Ketua TP PKK Kecamatan, Pokja 1 PKK Kecamatan, Ketua Pokja 1 Kelurahan dan ibu-ibu lansia dari 46 kelurahan se Kota Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022