Kontingen Kota Kediri, Jawa Timur, hingga kini telah mampu raih 20 medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII tahun 2022 yang digelar di empat daerah, yaitu Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan perkembangan capaian prestasi yang ditorehkan kontingen Kota Kediri dalam Porprov VII Jatim 2022 menggembirakan.

Dari perkembangan terakhir pada Senin (27/6) pada pukul 18.00 WIB, Kota Kediri berhasil mengantongi 20 emas, delapan perak, dan sembilan perunggu, sehingga berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

"Prestasi ini membanggakan bagi Kota Kediri. Saya mengapresiasi seluruh perjuangan para atlet dan pelatih hingga saat ini. Pasti tidak mudah melewati setiap pertandingan yang ada," kata Wali Kota di Kediri, Senin.

Ia juga bangga dengan perolehan 105 medali itu. Atas perolehan medali tersebut, Wali Kota juga mengingatkan agar para atlet tidak cepat berpuas diri dan terus semangat, sebab Porprov VII Jatim 2022 ini masih berlangsung hingga 3 Juli 2022.

Ia mengingatkan selama berkompetisi, para atlet harus terus menjunjung sportivitas.

"Saya dan masyarakat Kota Kediri akan terus memberikan dukungan dan doa kepada atlet Kota Kediri. Masih punya waktu untuk terus mengumpulkan pundi-pundi medali. Fisik dan mental harus dijaga," kata dia.

Sementara itu, dari 20 medali emas yang diperoleh itu, cabang olahraga angkat besi berhasil menyumbangkan 12 medali, yakni pada kelas 59 kilogram snatch putri, kelas 59 kilogram clean & jerk putri, kelas 59 kilogram total putri, kelas 71+ kilogram snatch putri, kelas 71+ kilogram clean & jerk putri, kelas 71+ kilogram total putri, kelas 73 kilogram snatch putra, kelas 73 kilogram clean & jerk putra, kelas 73 kilogram total putra dan tambahan 3 medali emas didapat sore ini.

Cabang olahraga lainnya peraih medali adalah wushu sanda yang menyumbangkan enam medali, yakni, kelas 52 kilogram ke bawah putra, kelas 60 kilogram ke bawah putra, kelas 65 kilogram ke bawah putra, kelas 48 kilogram ke bawah putri, kelas 60 kilogram ke bawah putri, dan kelas 65 kilogram ke bawah putri.

Selanjutnya cabang olahraga billiar menyumbang satu medali di sembilan ball single putri dan cabang olahraga selam kolam di 100 meter bifins putra. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022