Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyerahkan secara simbolis santunan jaminan kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp42 juta kepada Eni Nuryati selaku ahli waris dari Abdul Malik pada saat peringatan hari jadi ke-104 Kota Mojokerto, Senin.
 
"Kami mengucapkan terima kasih atas santunan kematian yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Selain Eni, masih ada empat orang lagi yang menerima santunan kematian tersebut," ujarnya.
 
Ning Ita (sapaan wali kota) mendorong seluruh jajarannya untuk peduli terhadap jaminan sosial bagi pekerja di lingkungannya masing-masing.
 
Kepada anggota keluarga atau ahli waris yang telah menerima santunan klaim JKM, dirinya berpesan supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya seperti untuk kegiatan usaha dan peluang lainnya yang dapat menghidupi anggota keluarganya.
 
"Semoga mampu membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkannya," katanya.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto Zulkarnain Mahading mengatakan BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya berlaku bagi pekerja formal tapi juga pekerja informal.
 
Para pekerja informal itu antara lain tukang ojek atau ojek dalam jaringan, sopir angkot, pedagang keliling, dokter bisa masuk dalam golongan pekerja bukan penerima upah (BPU).
 
"Seluruh pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU) dapat mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.
 
Ia menjelaskan pekerja informal atau pekerja BPU yang dimaksud adalah pekerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut.
 
"Meliputi pemberi kerja, pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri, dan pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima upah," katanya.
 
Eni mengatakan dirinya mengapresiasi santunan jaminan kematian yang diberikan hari ini dan akan digunakan untuk biaya berkala.
 
"Dengan santunan ini saya mengucapkan terima kasih dana santunan ini bisa digunakan untuk biaya selamatan dan lainnya. Kami tidak menyangka, ternyata program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan mempunyai banyak manfaat yang berarti bagi masyarakat kecil seperti saya," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022