Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan TNI AU menghormati dan menghargai jasa-jasa Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso.

Kasau mengatakan hal itu saat bersama Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis, seperti dikutip dalam siaran pers TNI AU.
 
Marsekal Fadjar dan Puan Maharani menandai peresmian dengan menggunting pita serta membuka selubung penutup patung Surindro Supjarso bersama dua putra Surindro, yakni Muhammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo.

"Atas nama TNI AU, kami ingin mengabadikan nama bapak Kapten Penerbang Surindro Supjarso sebagai nama gedung ini. Hal tersebut sebagai wujud rasa hormat kami, rasa bangga kami, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas darma bakti beliau bagi Tanah Air dan angkasa Indonesia," kata Prasetyo.
 
Surindro adalah seorang penerbang pesawat tempur TNI AU yang hilang dalam misi latihan di Biak, Papua, pada 1971. Surindro beristrikan Megawati Soekarnoputri, yang kelak menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan dan Presiden ke-5 RI.
 
Megawati hadir pada acara peresmian itu secara daring, begitu pula sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto, Sadarestuwati, Mayor Jenderal TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin, Indah Kurnia, Johan Budi SP, Irene Roba, dan Puti Guntur Soekarno.

Kasau berharap agar gedung itu dapat menginspirasi prajurit dan para generasi penerus untuk menimba ilmu pengetahuan udara modern.
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih kepada TNI AU atas penghargaan yang diberikan dan menyinggung tentang perlunya keseimbangan negara memperkuat militer di Indonesia.
 
Cucu Bung Karno ini menyebut Indonesia tidak hanya memperkuat sistem kesenjataan militer di darat dan udara. "Saya mengatakan, kalau di darat kuat, di udara lemah, mau apa? Terus kalau di darat dan udara kuat, tetapi di laut lemah, buat apa juga? Makanya harus seimbang," kata Puan.
 
Secara khusus, dia menyampaikan salam dari Megawati kepada para sesepuh dan para istri mantan personel Skuadron Udara 41 dan Skuadron Udara 42 yang pernah bersama-sama bertugas dan berinteraksi bersama Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso dan Megawati.

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022