Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan Taman Nasional Baluran melepasliarkan ratusan ekor tukik atau anak penyu dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-76.

Pelepasliaran tukik ini dilaksanakan di Pantai Bama, kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo. Dalam kegiatan itu dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Jatim Ny. Ully Nico Afinta, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Istimewa Yogyakarta Ny. Santi Slamet Santoso, Ketua Bhayangkari Cabang Situbondo Ny. Marcella Andi Sinjaya dan pejabat utama Polres Situbondo.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Bhayangkari Daerah Jatim dan Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga hadir dalam kegiatan pelepasan tukik ini. Semoga spesies penyu bisa lestari dan bisa bertahan di alam sehingga menambah khazanah dan kekayaan alam Indonesia, khususnya di wilayah Tanam Nasional Baluran," ujar Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, Kamis.

Ia mengemukakan Polres Situbondo bekerja sama dengan Taman Nasional Baluran melepasliarkan sebanyak 760 ekor anak penyu jenis penyu hijau dan penyu sisik hitam untuk menjaga kelestarian lingkungan ekosistem laut, sekaligus memperingati Hari Bhayangkara Ke-76.

Melalui kegiatan ini, AKBP Andi Sinjaya mengajak masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, khususnya generasi muda sebagai penerus agar bersama-sama menjaga kelestarian eksistem laut, salah satunya dengan cara melestariakan penyu.

"Semoga dengan kegiatan ini menggugah masyarakat terutama generasi muda untuk turut serta menjaga kelestarian ekosistem laut salah satunya melestarikan penyu. Harapannya ratusan tukik tersebut nantinya kalau sudah besar, akan kembali ke Pantai Bama untuk berkembang biak," kata Kapolres Andi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022