Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur menggandeng Ikatan Motor Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally atau ajang balap mobil nasional yang akan digelar di kawasan Lawang, Malang, pada 22-24 Juli 2022.

Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur Rois Sunandar Maming di Surabaya, Senin, mengatakan keterlibatan HIPMI Jatim pada ajang ini untuk memasyarakatkan olahraga otomotif, khususnya rally, serta dapat menumbuhkan iklim sport tourism di Jawa Timur.

"Tak hanya itu, seiring dengan melandainya kasus COVID-19 dan mendorong pemulihan perekonomian, kami mengemas even tersebut dengan berbagai kegiatan, seperti Bazaar UMKM, rally wisata, dan hiburan rakyat," kata Rois.

Ia berharap dengan digelarnya ajang yang memadukan antara olahraga otomotif, ekonomi dan pariwisata bisa membantu membangkitkan perekonomian, dan mengangkat potensi destinasi wisata, serta pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ketua Bidang Perhubungan dan BUMN sekaligus Wakil Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Rally HIPMI Jatim, Firesa Erik mengatakan Jatim memiliki banyak potensi, yakni pariwisata hingga anak-anak muda penggemar olahraga otomotif.

"Ini yang harus kami dorong bahwa Jawa Timur harus maju," katanya.

Sementara itu, untuk memberi daya tarik bagi masyarakat, ajang itu akan diikuti oleh pebalap-pemalap rally nasional dan akan ada sebanyak 11 unit mobil R5 atau sekelas WRC (World Rally Championship).

"Sebanyak 11 mobil itu akan turun dan masyarakat bisa melihat secara dekat mobil sekelas WRC. Dan ini yang pertama ada di Kejurnas Rally," kata Erik.

Indonesia Sprint Rally 2022 akan berlangsung dua putaran dengan beberapa kelas dilombakan, yakni kelas mobil berpenggerak roda belakang untuk 1.500 CC, 1.600 CC, dan 2.000 CC. Ada juga kelas M dengan FWD, kelas Jeep, hingga kelas Ekshibisi Jeep 1.000cc.

Terkait tiket masuk, dipastikan tidak menarik penjualan tiket alias gratis.

"Kami ingin membawa pesan kepada masyarakat bahwa olahraga rally itu bukan olahraga mahal, karena semua punya kesempatan, dan HIPMI Jatim mewadahi," ujar Erik.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022