Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memanggil putra-putri terbaiknya tampil dalam ajang festival keagamaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tahun 2022 yang akan digelar pada 24–27 Agustus 2022.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan ada tujuh cabang yang dilombakan pada ajang MTQ tersebut, yakni Tilawah, Tahfidz Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahmil Al Quran, Syarhil Al Quran, Khat Al Quran, dan yang terakhir cabang Musabaqah Makalah Ilmiah.

"Pendaftaran dibuka tanggal 19 hingga 29 Juli 2022 mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Para peserta bisa mendaftar melalui kantor kecamatan masing-masing, selanjutnya dokumen pendaftaran dari kecamatan akan dikirim ke kabupaten di Bagian Kesra Setda Sidoarjo," ujarnya.

MTQ tingkat kabupaten itu diharapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor jadi wadah kaderisasi mencetak bibit-bibit unggul para qoriah (pembaca Tilawah), hafidz-hafidzah (penghapal Quran) sampai bisa ikut festival MTQ tingkat nasional dan internasional.

Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati, mendorong lebih banyak lagi putra-putri Sidoarjo yang berprestasi, salah satunya prestasi jalur keagamaan.

"Melalui MTQ ini kita cetak bibit-bibit unggul para qoriah dan hafidz-hafidzah serta cabang lain, seperti syarhil Al Qur'an dan lainnya," ujar Gus Muhdlor.

Pada ajang Tilawah dan Hafalan Quran, kata bupati, Indonesia termasuk negara yang diperhitungkan oleh negara-negara Islam dunia. Sejauh ini prestasi dari Sidoarjo dinilai Gus Muhdlor sangat baik.

Pada ajang MTQ tingkat Jawa Timur tahun 2021 lalu yang diselenggarakan di Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo peringkat kedua setelah Lamongan. Kemudian pada MTQ 2019 yang digelar di Kabupaten Tuban, Sidoarjo juga bertahan di juara 2. 

Melihat prestasi putra-putri Sidoarjo pada ajang MTQ Jatim yang mampu bertahan juara 2 berturut-turut, Gus Muhdlor optimis Sidoarjo yang akan jadi Juara Umum pada MTQ 2023 yang digelar di Kota Pasuruan.

Gus Muhdlor melihat kapasitas dan kualitas peserta dari Sidoarjo menunjukkan konsistensi tinggal persiapan yang dimatangkan lagi tahun ini.

"Kami dukung putra-putri kita, semua kafilah dari Sidoarjo sudah tampil sangat baik pada MTQ Jatim tahun 2019 dan 2022. Kami optimis dengan kualitas dan kapasitas yang dimiliki kafilah Sidoarjo, pada MTQ tahun 2023 Sidoarjo sudah saatnya menjadi juara umum," ujar Gus Muhdlor.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022