Republik Slovakia secara resmi membuka Kantor Konsulat (Konsul) Kehormatan Republik Slovakia untuk Republik Indonesia di Gedung The Samator lantai 16 pada Jumat, (20/5) yang dihadiri langsung olehDuta Besar Republik Slovakia untuk Republik Indonesia,  Jaroslav Chleb.

Rachmat Harsono selaku Konsul Kehormatan Republik Slovakia untuk Republik Indonesia sekaligus Direktur Utama Samator Group mengatakan, kantor ini merupakan media informasi bagi masyarakat di Jawa Timur maupun Indonesia bagian Timur.

“Peresmian ini merupakan perwujudan dari langkah nyata untuk mempererat hubungan antara kedua negara, adanya kantor ini juga untuk memudahkan akses warga Jatim atau wilayah timur yang ingin tahu soal Slovakia mulai trade, seni, education, budaya”, kata Rachmat dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Sabtu.

Selain itu, juga diadakan pameran seni lukis yang menampilkan 50 lukisan karya pelukis Slovakia. Salah satunya Madame Jana Chlebova-Beckova, pelukis cat air asal Slovakia yang merupakan istri dari Jaroslav Chlebo.

“Kita undang juga Zeta Ranniry Abidin pelukis berbakat asal Jawa Timur. Sengaja ngundang pelukis Jatim juga untuk sharing Slovak’s painting di Indonesia supaya mereka tau. Teknik menggambar itu kan sama, tapi persepsi yang berbeda. Siapa tahu nanti Jawa Timur painter bisa pameran di Slovakia,” ujar Rachmat.

Rachmat Harsono menambahkan, dengan adanya Kantor Konsul Kehormatan  Slovakia untuk Republik Indonesia di Surabaya dapat menjadi inisiator hubungan yang strategis dari segi olahraga pendidikan maupun bisnis.
 

“Yang saat ini berjalan itu dari olahraga, sudah ada 2 pemain sepak bola Indonesia yang bermain di FK Senica Slovakia,”, imbuhnya.
 

Rachmat berharap ke depan Indonesia dapat belajar juga dari Slovakia dari segi produksi mobil, terutama industri mobil listrik yang saat ini sedang tumbuh.(*)

Pewarta: Naufal Ammar I

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022