Usia bukan menjadi penghalang bagi insan pendidikan untuk terus berinovasi atau melakukan pembaruan pada era digital. Terlebih ketika zaman semua kegiatan kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi.

Pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, Siti Aisyah (57), yang merupakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, dinobatkan sebagai salah satu insan pendidikan berprestasi berkat inovasinya membuat aplikasi Sistem Informasi Siswa dan Guru (Sisgur) yang diterapkan di seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Situbondo, mulai sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Bangga, bahagia dan bahkan haru dirasakan Siti Aisyah, ketika Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan penghargaan ini tepat pada peringatan Hardiknas 2022.

"Tentu saya bangga dan terharu setelah menerima penghargaan dari Pak Bupati berkat aplikasi Sisgur yang sudah diterapkan sejak tahun 2021 di sekolah-sekolah,' kata Aisyah, sapaannya.

Perempuan 57 tahun ini terharu karena idenya untuk mempermudah memperoleh data siswa dan guru melalui aplikasi Sisgur yang merupakan pengembangan dari aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
 
Peserta upacara memperingati Hardiknas 2022 di Alun-Alun Situbondo. Jumat (13/5/2022) (ANTARA/Novi H)

Aplikasi Dapodik merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu. Sedangkan aplikasi Sisgur adalah aplikasi yang dikembangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk memudahkan pendataan siswa dan guru.

"Alhamdulillah, apa yang saya gagas bisa memberikan manfaat untuk memudahkan pendataan siswa dan guru khusus di Situbondo. Meskipun sebenarnya masih banyak kekurangan dan perlu penyempurnaan dan dikembangkan lebih baik lagi," tuturnya.

Aisyah menceritakan idenya membuat aplikasi Sisgur berawal ketika mendapat kesulitan mengakses data guru yang dibutuhkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur karena data guru juga sangat diperlukan untuk kepentingan distribusi guru secara proporsional.

"Ketika itu saya masih menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Edukatif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo. Dan berawal dari itu pula, saya menemukan ide untuk membuat aplikasi yang bisa mempermudah memperoleh data guru dan siswa secara lengkap," katanya.

Jadilah aplikasi Sisgur yang memuat data guru dan keluarga.Keinginannya membuat aplikasi data guru dan siswa, sekali klik NIP pegawai, semua data guru dan keluarganya muncul.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan penghargaan kepada insan pendidikan pada Hari Pendidikan Nasional 2022 di Alun-Alun Situbondo, Jumat (13/5/2022) (ANTARA/Novi H)

Hingga saat ini, aplikasi Sistem Informasi Siswa dan Guru sudah menjadi referensi Disdikbud untuk memperoleh data guru sehingga memudahkan saat dinas akan melakukan mutasi guru atau mengetahui secara proporsional kebutuhan guru di setiap sekolah.

Aplikasi Sisgur akan terus disempurnakan. Bahkan, tahun ini pula, Aisyah juga sedang mencoba melengkapi bagaimana aplikasi ini bisa memuat penilaian kinerja guru.

"Sehingga tidak ada kesulitan lagi untuk melakukan evaluasi kinerja guru di setiap sekolah SD maupun SMP," tuturnya.

Aplikasi Sisgur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, juga sudah dirasakan manfaatnya di sekolah-sekolah untuk mengunggah data guru, maupun peserta didik.

Salah satunya, di SD Negeri 3 Agel (Kecamatan Jangkar). aplikasi Sisgur dirasakan manfaatnya, karena lebih mudah dan tidak rumit. Bahkan, mengunggah data siswa dan guru bisa secara detail, tidak seperti aplikasi Dapodik yang hanya bisa mengunggah data tanpa foto.

"Aplikasi Sisgur sangat bermanfaat, dan lebih detail. Melalui aplikasi ini, foto guru maupun siswa juga bisa diunggah, tidak hanya data nama saja, seperti aplikasi Dapodik," kata Pelaksana Tugas Kepala SDN 3 Agel Kecamatan Jangkar, Supriatin.

Tidak hanya data guru dan siswa, aplikasi Sisgur ini juga bermanfaat mengunggah kondisi sarana prasarana masing-masing sekolah.

"Jadi, aplikasi Sisgur ini juga bisa mengunggah kondisi fisik sekolah, termasuk sarana prasarana lainnya," katanya.

Pada momen peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022, tercatat sebanyak 25 orang insan pendidikan mendapatkan penghargaan dari Bupati Situbondo Karna Suswandi, karena dinilai telah berkontribusi terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kota Santri itu. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022