Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, menggelar pasar pangan murah berkualitas sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pasar pangan murah Ramadhan yang digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pemkab Bangkalan itu menjual berbagai jenis kebutuhan bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, daging dan mi instan, dengan harga lebih murah dibanding di pasaran.

Menurut Kepala DKP Pemkab Bangkalan Ahamd Mustaqim di Bangkalan, Rabu, pasar pangan murah Ramadhan ini akan digelar hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri.

"Sebab berdasarkan kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, saat mendekati bulan suci Ramadhan, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok cenderung meningkat," katanya.

Karena itu, ujar Ahmad, Pemkab Bangkalan berupaya membantu masyarakat dengan membuka pasar pangan murah.

Pasar pangan murah Ramadhan di Kantor DKP Pemkab Bangkalan itu, katanya, digelar sehari dan selanjutnya ke sejumlah kecamatan lain secara bergantian, agar keberadaan pasar murah tersebut bisa dinikmati oleh semua elemen masyarakat di wilayah itu.

"Kami bekerja sama dengan beberapa produsen yang ada di Bangkalan, sehingga harganya bisa lebih murah dibanding harga pangan di pasaran," katanya, menjelaskan.

Pasar pangan murah Ramadhan sebagaimana yang digelar DKP Pemkab Bangkalan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Upaya lain, kata Ahmad, berupa operasi pasar minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional dan kecamatan di wilayah itu.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022