Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya menggelar kontes musik "La Vie en Rose" bagi musisi lokal di wilayah Jawa Timur. 

Direktur IFI Surabaya Sandra Vivier menjelaskan "La Vie en Rose" merupakan sebuah lagu asal Prancis yang dipopulerkan oleh penyanyi Edit Piaf di tahun 1946. 

"Sejak itu, dari tahun ke tahun lagu ini banyak dinyanyikan ulang oleh sejumlah musisi kenamaan dunia. Terakhir dibawakan oleh penyanyi asal Amerika Serikat Lady Gaga," katanya kepada wartawan di Surabaya, Kamis. 

Keikutsertaan dalam kontes ini tidak dipungut biaya. Pendaftarannya dibuka secara daring mulai 12 April - 12 Mei 2022, melalui https://bit.ly/PendaftaranLaVieEnRose.

Sandra, yang juga mahir bermain piano, akan menjadi salah satu juri dalam kontes ini.

Juri lainnya adalah pengajar musik Finna Kurniawati, pecinta musik Ricky Coen Arifin, keduanya warga negara Indonesia,  dan musisi asal Belgia Gabriel Laufer. 

Sandra mengungkapkan peserta kontes hanya diminta untuk menginterpretasikan secara bebas musik Prancis pilihan mereka dan tampil satu kali secara langsung saat audisi. 

"Semua jenis musik, seperti klasik, pop, jazz dan rock dipersilakan," ujarnya. 

Audisi akan dilaksanakan secara tatap muka di panggung "semi outdoor" lingkungan kantor IFI Surabaya, Kompleks AJBS Surabaya, mulai pertengahan bulan Mei hingga awal Juni 2022.

"Penilaian oleh dewan juri dilakukan secara daring dan luring," ucap Sandra.   

Musisi pemenang, selain mendapatkan hadiah sejumlah uang, juga akan diberi ruang konser pada perayaan Hari Musik "Fete de la Musique" pada tanggal 18 Juni 2022 di Komplek AJBS Surabaya. 

Sejak tahun 1982, 'Fete de la Musique' dirayakan secara rutin setiap awal musim panas tanggal 21 Juni di Prancis.  

Menurut Sandra, dalam perkembangannya 'Fete de la Musique' sampai sekarang juga rutin dirayakan di sejumlah negara lain, khususnya kawasan Eropa. 

"Kami juga berencana menggelar konser tur bagi pemenang pertama di kota Malang dan Jombang pada bulan Agustus mendatang," katanya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022