Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Jawa Timur, membuka layanan kas keliling untuk penukaran pecahan uang baru jelang Lebaran 2022 dengan menggunakan aplikasi Pintar di pusat perbelanjaan Roxy Mall pada 18-20 April 2022.

"Layanan tersebut dapat dinikmati masyarakat umum dengan sebelumnya mendaftar secara daring menggunakan aplikasi Pintar pada situs https://pintar.bi.go.id," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Yukon Afrinaldo saat menggelar konferensi pers di Kantor BI setempat, Kamis.

Menurut ia, mekanisme pendaftaran pemesanan penukaran tersebut merupakan upaya mitigasi kerumunan masyarakat yang berpotensi meningkatkan penyebaran COVID-19 karena setiap harinya terdapat kuota jumlah penukar yang dapat dilayani.

"Pemesanan melalui aplikasi Pintar hanya berlaku untuk penukaran di mobil kas keliling BI dan dapat mempermudah penukaran uang baru jelang Lebaran 2022," tuturnya.

Ia menjelaskan pemesanan penukaran melalui aplikasi Pintar dengan tata cara sebagai berikut yakni membuka aplikasi Pintar dan memilih menu kas keliling pada halaman utama, selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang diinginkan.

"Mereka juga harus mengisi identitas dan mengisi jumlah lembar yang akan ditukarkan, kemudian masyarakat akan memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling," katanya.

Saat akan menukarkan uang pecahan baru di kas keliling, lanjut dia, masyarakat juga harus membawa bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau hasil cetak saat melakukan penukaran.

"Penukaran uang pecahan baru tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk pencegahan penularan COVID-19," ujarnya.

Yukon Afrinaldo juga mengimbau masyarakat menukarkan uang pecahan baru di tempat-tempat resmi seperti perbankan yang juga melayani penukaran nasabahnya.

"Titik penukaran di wilayah BI Jember meliputi 81 titik penukaran loket bank umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat selaku nasabah bank mulai tanggal 4 hingga 29 April 2022," katanya.

BI Jember menyiapkan sebesar Rp4,98 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran 2022 di lima kabupaten yang menjadi wilayah kerja BI Jember yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022