Keberadaan Kampus UMKM Shopee Malang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan digital jutaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi terhadap komitmen Shopee yang terus berupaya untuk memberikan harapan baru bagi UMKM terutama di wilayah Jawa Timur.

"Dengan hadirnya Kampus UMKM Shopee, pelaku UMKM di Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk naik kelas, menjadi lebih besar dan memperluas jejaring," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan, tantangan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini adalah berkaitan dengan permodalan dan pemasaran. Ia meyakini bahwa akan ada lompatan kinerja pelaku UMKM ketika sudah memiliki rasa percaya diri dan pengalaman daring untuk meningkatkan pemasaran.

Ia berharap, dengan keberadaan Kampus UMKM Shopee yang ada di wilayah Kota Malang tersebut, para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur bisa membuka akses pemasaran dan membuka peluang yang lebih besar.

"Apabila mereka mendapat penguatan melalui jejaring Kampus UMKM Shopee ini, rasanya dunia mereka akan terbuka," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handika Jahja mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen kuat untuk memberdayakan para pelaku UMKM yang ada di wilayah jawa Timur melaui keberadaan Kampus UMKM Shopee tersebut.

"Sejak Mei 2021, kami hadirkan Kampus UMKM Shopee di berbagai kota untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal, agar lebih berdaya saing," ujarnya.

Ia menambahkan, pemberian akses peningkatan keterampilan digital untuk UMKM tersebut diharapkan mampu membuka potensi para pelaku usaha, dikarenakan memiliki peluang, potensi  dan kesempatan yang besar dalam mengembangkan usaha mereka.

"Potensi besar bagi pelaku UMKM, mendorong kami untuk memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM termasuk di Jawa Timur," ujarnya.

Kampus UMKM Shopee Malang diharapkan bisa menjadi layanan untuk sebuah solusi bagi jutaan UMKM yang ada di Jawa Timur dan mampu memperkuat ekosistem digital yang nantinya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kampus UMKM Shopee Malang terletak di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, di Kecamatan Kedungkandang. Kampus tersebut hadir dengan sejumlah program pelatihan, fasilitas dan layanan yang disediakan secara gratis untuk seluruh UMKM.

Sejumlah pelatihan yang disiapkan adalah program pelatihan intensif berupa cara pembuatan toko baru, pengembangan usaha, pemasaran secara digital dan lainnya. Selain itu juga ada fasilitas studio foto produk serta pusat edukasi dan sistem gudang. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022