Atlet Kabupaten Situbondo berhasil meraih medali perunggu nomor ganda putra bersama atlet asal Lumajang dalam Kejuaraan Provinsi Petanque Jawa Timur sebagai uji coba menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022.

Pengurus Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jatim Umi Salmami mengapresiasi atlet asal Situbondo yang mampu meraih medali perunggu pada nomor ganda putra, padahal kepengurusan cabang olahraga petanque di daerah itu baru terbentuk beberapa bulan lalu.

"Situbondo sudah bagus karena masuk di level delapan besar, empat besar, walaupun dari sisi final belum ada yang masuk," kata Umi Salmami usai menyerahkan medali Kejurprov Petanque Jatim di Alun-Alun Situbondo, Kamis.

Cabang olahraga petanque merupakan olahraga asal Prancis yang tergolong baru di Jawa Timur karena kepengurusannya baru terbentuk pada 2016.
 
Ketua KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi (dua dari kiri) mengalungkan medali kepada atlet juara, Kamis (31/3/2022). (ANTARA/Novi H)

Katanya, perkembangan cabang olahraga petanque di Jawa Timur ditandai dengan prestasi yang diukir para atlet yang berasal dari hampir seluruh daerah, di antaranya Lumajang, Kediri, Lamongan, Sidoarjo, Probolinggo, dan Situbondo.

"Dari hasil pertandingan sekarang, menjadi bukti bahwa cabor petanque ini mulai banyak digemari. Mereka sudah mulai berkompetisi dengan baik. Artinya pembinaan jalan," tuturnya.

Umi Salmami mengatakan sudah ada 33 kabupaten/kota yang terbentuk kepengurusan petanque. Hanya ada lima kabupaten/kota yang belum terbentuk, di antaranya Kabupaten Sampang dan Trenggalek.

"Dalam waktu dekat, lima kabupaten ini juga akan segera membentuk kepengurusan petanque sebab cabor ini akan dipertandingkan di ajang Porprov Jatim 2022," ucap Umi.
 
Wakil Ketua KONI Situbondo Ilyiin menyerahkan medali kepada atlet juara, Kamis (31/3/2022). (ANTARA/Novi H)

Ia mengatakan bahwa olahraga petanque unik karena tidak membutuhkan tenaga atau kekuatan seperti cabang olahraga pada umumnya. Tapi, mengutamakan kecerdasan otak, karena untuk memenangkannya harus pandai membuat strategi.

"Strategi yang paling bagus, berpeluang besar keluar sebagai pemenang,"katanya.

Berikut atlet peraih medali pada kejuaraan petanque Piala Bupati Situbondo 2022:
- Perorangan putra: 1. Kabupaten Lumajang, 2. Kota Pasuruan, 3. Kota Probolinggo dan Kabupaten Bangkalan.
- Perorangan putri: 1. Kota Kediri, 2. Kabupaten Sidoarjo, 3. Kota Pasuruan dan Kota Mojokerto.
- Ganda putra: 1. Kabupaten Lamongan, 2. Pasuruan, 3. Situbondo dan Mojokerto. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022