Telkomsel melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) terkait implementasi secara komersial empat layanan digital security.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo dan Direktur Network Telkomsel Nugroho  di Surabaya, Kamis.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo mengatakan dalam proses transformasi digital pada era saat ini, Bank Jatim yang didirikan dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Djawa Timur pada 17 Agustus 1961 selalu memberikan kemudahan layanan yang maksimal untuk keamanan transaksi nasabah.

"Langkah-langkah preventif untuk keamanan transaksi nasabah menjadi salah satu prioritas Bank Jatim," katanya.

Untuk itu, lanjut Tonny, Bank Jatim menggandeng Telkomsel untuk mendukung implementasi transformasi digital yang selama ini sudah diterapkan di internal perusahaan, antara lain Telkomsel Smart Connectivity dan paket data corporate untuk mempermudah komunikasi internal perusahaan.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Bank Jatim adalah bank pembangunan daerah pertama yang mengimplementasikan secara komersial empat layanan digital security, yakni Telkomsel SimSwap Solution, Telkomsel Advance Authentication, iOT Sphere, dan SD Wan.

Telkomsel Sim Swap Solution ini merupakan layanan yang memberikan notifikasi ke Bank Jatim jika ada kartu Telkomsel milik pelanggan Bank Jatim (teregister SMS banking dan
internet banking) yang melakukan pergantian kartu secara real time.

Layanan Telkomsel Advance Authentication berupa verifikasi kode akses (internet banking atau SMS banking) pelanggan Bank Jatim melalui API Telkomsel. Sedangkan Iot Sphere merupakan layanan perlindungan yang optimal pada aset dan jaringan yang sangat rentan terhadap serangan siber.

Terakhir, layanan SD Wan adalah solusi akses jaringan yang aman dan fleksibel.

"Telkomsel dapat memberikan solusi yang tepat terhadap Bank Jatim dengan keempat produk tersebut. Dengan adanya proyek ini maka Telkomsel menjadi salah satu mitra Bank Jatim yang dipercaya dalam hal digital security solution baik untuk internal Bank Jatim dan nasabah Bank Jatim," paparnya.

Sebagai salah satu perusahaan milik Pemprov Jawa Timur, lanjut Nugroho, Bank Jatim harus mampu beradaptasi dan bertransformasi pada era digitalisasi dan terpenting lagi bagaimana
Bank Jatim bisa mengimplementasikan digital security solution secara maksimal dan tepat.

"Digital security solution sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari lagi. Telkomsel juga memiliki kepentingan agar pelanggan Telkomsel yang menjadi nasabah Bank Jatim benar-benar
terlindungi dari berbagai cyber crime maupun bertransaksi dengan cepat, aman dan nyaman," pungkasnya. (*)
 

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022