Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati memastikan pemkab akan memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir akibat hujan deras yang menyebabkan debit air Sungai Bondoyudo meluap ke permukiman warga.

"Terkait kebutuhan masyarakat, pemerintah daerah akan berupaya memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan pakan untuk ternak warga," katanya saat meninjau lokasi banjir di Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Pada hari kedua pascabanjir, kondisi air masih menggenangi sebagian rumah warga di Desa Sidorejo dan Dusun Bantaran di Desa Rowokangkung, Kecamatan Rowokangkung.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat terdampak banjir dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari sampai banjir surut, serta aktivitas masyarakat dapat berjalan normal kembali," tuturnya.

Menurutnya, hujan deras yang terjadi pada Selasa (15/2) di hampir seluruh wilayah Kabupaten Lumajang ikut mempengaruhi meningkatnya debit air Sungai Bondoyudo, sehingga air yang menggenangi rumah warga masih belum mengalami penurunan signifikan.

"Pemkab Lumajang akan mengusulkan agar melanjutkan pengerukan Sungai Bondoyudo. Kemarin sudah dilakukan pengerukan dan hari ini agar dilanjutkan lagi pengerukannya, sehingga dapat menampung lebih banyak debit air yang dialirkan," katanya.

Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Yitno mengatakan pihaknya akan menyiagakan personel untuk membantu warga yang terdampak banjir, mengingat cuaca dan curah hujan diprediksi masih akan tinggi selama beberapa hari ke depan.

"Personel telah kami siagakan untuk membantu masyarakat terdampak banjir, terutama dari Koramil 0821/16 Rowokangkung karena curah hujan diprediksi sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terhadap potensi bencana banjir susulan karena ada kemungkinan terjadi luapan susulan dari Sungai Avour 12.

Sebelumnya, data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyebutkan sejumlah desa di empat kecamatan diterjang banjir, yakni Desa Umbul dan Wonorejo di Kecamatan Kedungjajang, Desa Banyuputih Kidul di Kecamatan Jatiroto, kemudian Desa Sidorejo dan Desa Rowokangkung di Kecamatan Rowokangkung, dan satu desa di Kecamatan Yosowilangun.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022