Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Sampang, Jawa Timur, kini mulai memberlakukan pelayanan rawat jalan eksekutif sebagai upaya untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ingin berobat ke dokter spesialis di luar jam kerja.

"Layanan rawat jalan eksekutif di Sampang ini telah dimulai sejak Jumat (11/3) kemarin, setelah diresmikan oleh Bupati Sampang Slamet Junaidi," kata Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang dr. Agus Akhmadi di Sampang, Ahad.

Agus menjelaskan inovasi rawat jalan eksekutif ini sebagai wujud komitmennya dalam peningkatan kesehatan yang dibutuhkan oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Sampang.

Dengan layanan ini, RSUD Sampang terus berupaya menarik kalangan ekonomi menengah ke atas menjadi pasien mereka.

Agus lebih lanjut menjelaskan ketentuan mengenai rawat jalan eksekutif ini sebenarnya merupakan implementasi dari ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pengenaan Urun Biaya dan Selisih Biaya Dalam Program Jaminan Kesehatan.

"Jadi, intinya, pelayanan rawat jalan eksekutif merupakan pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan non reguler di rumah sakit yang diselenggarakan melalui pelayanan dokter spesialis dan sub spesialis dalam satu fasilitas ruangan terpadu secara khusus tanpa menginap di rumah sakit dengan sarana dan prasarana di atas standar," kata Agus, menjelaskan.

Dengan demikian, sambung Agus, rawat jalan eksekutif merupakan suatu terobosan inovasi yang dilakukan pihak RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang untuk memberikan kemudahan pelayanan kesehatan.

Sasarannya, masyarakat menengah ke atas yang terbiasa berobat ke Surabaya atau daerah lain dengan waktu pelayanan pada sore hari hingga malam.

Program ini juga bekerja sama dengan RS Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

"Khusus program ini, kami telah menyediakan 11 dokter spesialis serta tenaga kesehatan profesional yang berkompeten," kata Agus, menjelaskan.

Secara terpisah Bupati Sampang Slamet Junaidi menyatakan, layanan rawat jalan eksekutif ini diberlakukan di Sampang, sebagai bentuk komitmen Pemkab Sampang dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Karena baru diluncurkan, tentu belum sempurna, karena itu, penyempurnaan layanan ini terus kami lakukan, dengan cara bekerja sama dengan RS Unair Surabaya," kata bupati, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022