Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) memanfaatkan lahan kosong bekas tanah kas desa (TKD) menjadi bozem atau tempat penampungan air dan kolam pancing di Kelurahan Sekardangan yang kini masuk aset Pemkab Sidoarjo, Jawa Timur.

"Sebelum dimanfaatkan menjadi bozem dulunya rawa-rawa, kemudian dibangun dan difungsikan untuk penampungan air hujan. Ini tadi kami isi ikan untuk hiburan warga memancing," ujar Gus Muhdlor di sela melepas ribuan ikan Nila Merah di lahan milik pemkab Sidoarjo tersebut, Minggu.

Ia mengatakan lahan bekas TKD dengan luas 2,5 hektare itu berada di kawasan perumahan Sekardangan Indah (SKI) Kecamatan Sidoarjo kota.

Sejak difungsikan menjadi bozem dan kolam pancing, sekarang lahan itu terlihat rapi dan bersih. Sebagian tepi kolam diplengseng untuk sarana mancing dan di pinggir kolam dibangun beberapa gazebo untuk tempat bersantai.

"Tempat ini bisa menjadi alternatif bagi warga sekitar yang ingin santai karena tempatnya cukup bersih dan berada di dalam kawasan perumahan," kata Gus Muhdlor.

Pembangunan itu merupakan upaya warga Perumahan Sekardangan Indah yang mendapat dukungan dari Pemkab Sidoarjo untuk menjadikan lahan tersebut lebih bermanfaat bagi masyarakat. 

"Sebelum dimanfaatkan jadi kolam pancing, TKD ini dulu masih berbentuk rawa. Semenjak dibangun dengan dukungan pemkab akhirnya tempat ini jadi alternatif warga untuk melepas lelah, terutama saat hari libur bisa mancing bersama keluarga," kata Ari Suryono Ketua RW 6 Perum SKI.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022