Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya meminta pemerintah kota setempat mempercepat integrasi layanan transportasi massal Suroboyo Bus dan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya William Wirakusuma di Surabaya, Sabtu, mengatakan, Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo melalui program Buy The Service (BTS) bantuan dari pemerintah pusat telah beroperasi per 1 Februari 2022.

"Jadi, ada belasan armada Trans Semanggi yang sudah beroperasi di koridor 2 (Kejawan Putih-Lidah Wetan) per 1 Februari lalu," katanya. 

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap segera ada integrasi layanan antara Trans Semanggi dengan Suroboyo Bus yang telah lama beroperasi sebelumnya.

Menurut dia, setahun lalu, pihaknya sudah mengingatkan mengenai integrasi ini. Integrasi layanan dapat berupa penyelarasan jadwal, rute, tarif, metode bayar, standar pelayanan minimal, akses prasarana, dan aplikasi. 

"Saat ini, saya lihat banyak yang belum selaras sehingga menjadi PR berikutnya," kata anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini.

William mengatakan, saat ini masih ditemukan jadwal yang tidak sinkron pada halte-halte connecting/halte transit. Selain itu, Trans Semanggi saat ini masih gratis, sementara Suroboyo Bus berbayar. Begitu juga metode pembayaran dan aplikasi yang digunakan juga berbeda.

"Yang paling dekat saat ini harusnya bisa integrasi jadwal, aplikasi, dan metode bayar. Jadwal harus selaras supaya memudahkan pengguna yang akan berganti rute di halte-halte transit. Aplikasi GoBis juga dapat dimasukkan informasi layanan Trans Semanggi, dan sebaliknya. Metode bayar juga harusnya siap disamakan karena alatnya sudah ada di kedua bus," katanya.

William menambahkan bahwa dirinya dan masyarakat Surabaya turut gembira dengan penambahan armada angkutan umum ini. Menurutnya dengan penambahan armada dapat merapatkan headway dan meningkatkan layanan.

"Setelah menunggu cukup lama akhirnya datang juga, tentu saya dan masyarakat surabaya bahagia. Akhir tahun kemarin jumlah pengguna bus kita hampir 130 ribu/per bulan. Datangnya armada baru ini diharapkan menjadi penyemangat warga untuk beralih ke transportasi umum," kata William.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji sebelumnya mengajak, warga di Kota Pahlawan menggunakan transportasi massal berupa Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo yang mulai beroperasi pada 1 Februari 2022.

"Untuk saat ini teman bus melayani koridor dua dengan rute Lidah Wetan dan Karang Menjangan hingga ITS," kata Armuji.

Armuji mengatakan ada sekitar 17 unit armada yang diterjunkan dalam rute koridor dua dengan jeda keberangkatan setiap 12 menit sekali. Menurutnya, untuk saat ini masih gratis alias belum dipungut biaya, namun harus tetap tap kartu E-money mandiri, BRIZZI , BNI dan tap Cash BCA.

"Kami ingin animo masyarakat untuk menggunakan transportasi umum meningkat, dengan rute yang sering dilalui dan jadwal keberangkatan yang jelas serta teratur," katanya. (*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022