Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat capaian vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 - 11 tahun hingga hari ini telah mencapai 83,86 persen dari sasaran vaksinasi 145.488 anak.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengemukakan saat ini cakupan vaksinasi dosis satu untuk anak telah mencapai 83,86 persen. Sisanya ditargetkan tuntas akhir bulan Februari.

"Sementara untuk dosis dua kami target bisa tuntas akhir Februari. Saat ini beberapa sekolah sudah mulai banyak dosis keduanya," kata Ipuk, saat menghadiri vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun yang digelar TNI/ Polri di SDN 1 Lateng, Banyuwangi, Kamis.

Untuk mengejar target, lanjut dia, pelaksanaan vaksinasi tidak hanya dilakukan oleh puskesmas, namun juga sinergis melibatkan TNI/Polri dan berbagai pihak lainnya.

"Semua pihak telah bergotong royong melakukan percepatan vaksinasi di Banyuwangi. Seperti yang dilakukan jajaran TNI/Polri saat ini. Terima kasih Kapolresta, Dandim, serta Danlanal untuk dukungan vaksinasi ini," ujar Ipuk.

Pelaksanaan vaksinasi anak, dilakukan beriringan dengan penuntasan vaksinasi dosis satu dan dua bagi masyarakat umum dan lansia.

"Cakupan vaksinasi terus kami tingkatkan. Ini sebagai ikhtiar mengantisipasi ancaman gelombang ketiga COVID-19," katanya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu mengatakan, jajaran TNI/Polri bersama Pemkab Banyuwangi rutin setiap hari melakukan vaksinasi kepada masyarakat, baik bagi anak maupun masyarakat umum.

"Vaksinasi sangat penting agar kekebalan komunal segera terbentuk dalam masyarakat. Ini upaya agar masyarakat terhindar dari  COVID-19," ujarnya.

Selain vaksinasi, kata Kapolresta, penguatan pengujian, pelacakan juga tetap dilakukan, karena menjadi kunci untuk menekan transmisi lokal. Setiap ditemukan kasus positif baru segera dilakukan pengujian kontak eratnya.

"Kami berharap Banyuwangi tidak sampai mengalami gelombang ketiga. Ayo kita sama-sama tetap mematuhi protokol kesehatan, patuhi 5M, dan terapkan aplikasi Pedulilindungi di tempat-tempat keramaian," kata Kapolresta Banyuwangi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno menambahkan vaksinasi ini menyasar 145.488 anak usia 6-11 tahun se-Banyuwangi.

"Jumlah ini mengacu pada data riil siswa di masing-masing kecamatan, baik tingkat PAUD, SD, MI, dan raudhatul athfal," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022