Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memperoleh penghargaan sebagai Daerah Responsif Terhadap Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan dengan membentuk Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi, di acara Peringatan Hari Ibu Ke-93 di aula salah satu hotel di Probolinggo, Jawa Timur, Minggu.

"Alhadulillah, penghargaan ini berkat kerja keras kita semua. Penghargaan ini diberikan karena Kabupaten Situbondo memiliki perhatian khusus terhadap perlindungan perempuan melalui UPT PPA (Unit Pelayanan Terpadu  Perlindungan Perempuan dan Anak)," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Situbondo, Minggu.

Terbentuknya UPT Perlindungan Perempuan dan Anak di Situbondo, menurut dia, sebagai salah satu upay mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Oleh karena itu, keberadaan UPT PPA diminta untuk terus berinovasi dengan melibatkan berbagai organisasi perempuan.

"UPT PPA juga memberikan pendampingan kepada para korban, selain melakukan pencegahan," kata Bung Karna, sapaan bupati.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Kepala Dinas PPPA Situbondo Imam Hidayat foto bersama di acara Peringatan Hari Ibu Ke-93 di Probolinggo. Minggu (26/12/2021) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo)


Sementara itu, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Situbondo Imam Hidayat menyatakan bahwa sejak dibentuk UPT PPA berdampak penurunan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Jumlah kekerasan perempuan  dan anak di Kabupaten Situbondo mengalami penurunan cukup selama 2021. Pada 2020 jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak sebanyak 61 kasus, tahun ink turun menjadi 47 kasus.

"UPT PPA juga punya program inovasi "Sahabat Santri" untuk perlindungan terhadap anak dari pengaruh penggunaan smartphone dan dampak permainan game online. Mudah-mudah upaya edukasi yang terus kami lakukan akan terus berdampak positif," ujarnya.

Kabupaten Situbondo menjadi salah satu dari lima kabupaten/kota di Jawa Timur, sebagai penerima penghargaan dari Gubernur Khofifah, pada peringat Hari Ibu Ke-93.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga memberikan penghargaan kepada sejumlah perempuan inspiratif di Jawa Timur, sesuai tema peringatan hari ibu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju"," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021