Sejumlah perusahaan telekomunikasi di Tanah AIr memberikan layanan gratis kepada warga terdampak Gunung Semeru, seperti yang dilakukan PT XL Axiata (Tbk) yang memberikan layanan gratis telepon, internet dan data secara gratis bagi warga di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Regional Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto dikonfirmasi di Surabaya, Selasa mengatakan, untuk memberikan layanan gratis itu tim XL Axiata akan segera memasang router di titik yang paling dekat dengan pengungsian, hal ini memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet.

"Kartu perdana dengan kuota data internet gratis dan telepon umum gratis akan kami sediakan, hal ini untuk memberikan kemudahan berkomunikasi dan akses informasi bagi pelanggan dan masyarakat di lokasi bencana, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang," katanya.

XL Axiata, kata dia, juga menyelenggarakan program khusus #XLPeduli Semeru Malang dan Lumajang berupa layanan gratis menelepon dan SMS ke nomor XL Axiata maupun nomor operator lain, dengan terlebih dahulu mengirim SMS ke nomor XL Axiata untuk mendapatkan layanan tak terbatas.

"Untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelepon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode aktifasi 5 - 8 Desember 2021," katanya.

Terkait jaringan, Dodik memastikan secara umum semua layanan telekomunikasinya aman, dan tidak terdampak secara signifikan oleh terjadinya erupsi Gunung Semeru.

"Kami memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir," katanya.

Namun, kata dia, hingga kini sudah bisa menyala karena ada genset untuk tetap menjaga layanan di area bencana.

Sementara itu, operator Telkomsel melalui Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali, Erwien Kusumawan juga memberikan layanan yang sama, yakni mendukung dengan 5 Wifi gratis dan 3 HP untuk mendukung akses internet dan telepon gratis.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Lumajang juga untuk info terkini WiFi Gratis dan Paket Telepoon Gratis untuk seluruh MSISDN Kabupaten Lumajang, hal ini untuk membantu mempermudah komunikasi petugas evakuasi dan instansi pemerintah yang siaga menghadapi letusan Semeru," katanya.

Erwien menyebutkan 10 site Telkomsel yang terdampak sudah normal kembali di wilayah sekitar Semeru.

Dan dalam recovery jaringan Lumajang impact Erupsi Semeru, kata Erwien, Telkomsel telah menambah 11 Unit Mobile Genset 10 KVA dan 25 KVA. Kemudian menurunkan karyawan organik 11 orang bagian Operation dan 3 orang Team Quality di Network.

“Kami juga melakukan rerouting transmisi dari Pronojiwo-Lumajang ke arah Pronojiwo-Malang akibat putusnya Jembatan Gladak Perak. Selain itu, juga melakukan penambahan kapasitas di 11 site LTE Kabupaten Lumajang," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021