Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar workshop bertema Good News Form Kota".   yang diikuti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Kediri, demi meningkatkan kompetensi mereka.

Kepala Diskominfo Kota Kediri Apip Permana mengemukakan sebagai generasi milenial, KIM dituntut dapat manfaatkan pesatnya kemajuan teknologi informasi dalam mengembangkan potensi daerah menjadi lebih maju dan berkembang. 

"Untuk itu, penting adanya pengetahuan dan keterampilan bagi anggota KIM dalam menghadapi isu-isu daerah yang akan dihadapi. Pemerintah Kota Kediri ingin mewujudkan anggota KIM yang berpengetahuan luas dan memiliki ketrampilan dalam bermedia sosial," kata dia.  

Dalam kegiatan ini mengundang pakar komunikasi Jawa Timur Suko Widodo. Diharpakan dengan adanya workshop ini para anggota KIM bisa memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan, agar dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja KIM dalam memenuhi tugas-tugas. 

"Ilmu dan arahan dari beliau harus bisa dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.
 
Sementara itu, Suko Widodo meminta para anggota KIM harus melek teknologi. Salah satu tugas KIM adalah memberikan informasi informasi yang benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga, informasi hoaks bisa luruskan. 

"KIM harus sering mengadakan diskusi diskusi kelompok. Dengan harapan akan segera terdeteksi permasalahan di lingkungan sekitar untuk dicarikan solusinya," kata Suko. 

KIM Kota Kediri juga telah memperoleh beberapa prestasi, yakni ajang Anugerah Pewarta Warga (APW) yang digelar Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019. Di antaranya juara satu artikel berita, juara dua videografi dan juara dua video berita. 

Prestasi dan pengalaman yang telah diperoleh di APW juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi anggota KIM untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahun.   

Sementara itu, untuk meningkatkan kemampuan anggota KIM, Dinas Kominfo Kota Kediri juga telah menggelar lomba video dokumenter pada tahun 2020 dan lomba foto bercerita pada tahun 2021.  (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021