Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan melakukan tes cepat antigen kepada ratusan peserta Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB-CPNS) guna memastikan mereka bebas dari COVID-19.

"Ada 486 orang peserta yang kita lakukan tes dan semuanya negatif," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Pamekasan Achmad Marsuki di Pamekasan, Jumat.

Selain sebagai upaya Dinkes Pamekasan melakukan deteksi dini kepada warga dari penularan COVID-19, tes cepat antigen juga prasyarat bagi calon PNS dalam mengikuti tes seleksi kompetensi bidang.

"Tes ini gratis dan pelaksanaannya di masing-masing puskesmas di daerah tempat tinggal sang peserta. Misalnya dari Kecamatan Larangan, maka tes cepat antigennya di Puskesmas Larangan," katanya.

Untuk mendapatkan layanan tes cepat antigen gratis itu, peserta cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan Kartu Peserta Ujian SKB-CPNS Kabupaten Pamekasan 2021.

"Jadi peserta cukup menunjukkan KTP dan kartu kepesertaannya saja," katanya.

Ia menjelaskan tes cepat antigen tidak hanya berlaku bagi peserta yang berasal dari Kabupaten Pamekasan, akan tetapi juga bagi peserta dari luar daerah itu.

Pelaksanaan tes SKB-CPNS Kabupaten Pamekasan tahun ini akan diikuti 486 peserta. Kegiatan digelar di ruang Laboratorium Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Pamekasan mulai 2-4 Desember 2021 dengan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021