Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu, menggelar pelatihan bagi puluhan pelatih sepak bola.

Ketua KONI Kabupaten Situbondo Sadi mengatakan bahwa pelatih sepak bola harus dibekali kompetensi memadai, karena seorang pelatih punya tugas memimpin dan membina tim, komposisi pemain serta memotivasi asuhannya.

"Situbondo ini belum memiliki pondasi sepak bola yang kuat, sehingga penting memberikan ilmu dasar kepada pelatih melalui pelatihan ini," katanya usai membuka acara pelatihan pelatih sepak bola di Aula KONI Kabupaten Situbondo.

Menurut Sadi, seorang pelatih harus dibekali ilmu dasar pembinaan usia dini dan memiliki lisensi D. Karena hal itu penting untuk mencetak pemain sepak bola yang handal di kemudian hari.

"Semoga dengan terlaksananya pelatihan ini, enam tahun ke depan sudah bisa tampak bibit-bibit atlet sepak bola di Situbondo," tuturnya.
 
Pelatihan pelatih sepak bola di Aula KONI Situbondo, Sabtu (27/11/2021) (ANTARA/Novi H)

Dalam kegiatan pelatihan pelatih yang akan berlangsung selama lima hari, PSSI dan KONI Situbondo menghadirkan pemateri asal Austria, yakni Wolfgang Pikal.

Ia mengapresiasi KONI dan PSSI yang telah memberikan pelatihan dasar kepada sebanyak 30 pelatih yang tersebar di 17 kecamatan di Situbondo.

"Ini kursus dasar untuk memperbaiki SDM pelatih di Situbondo. KONI dan PSSI Situbondo sangat luar biasa, buat kursus gratis bagi pelatih. Ini bukti mereka ingin memajukan sepak bola di Situbondo," kata Pikal.

Menurut ia, materi yang diberikan kepada para pelatih, yakni filosofi pemain, yang mencakup metode latihan dan prinsip dasar untuk sepak bola usia muda. Pemain sepak bola harus punya dua hal, yaitu bakat untuk jadi pemain dan memiliki pola hidup sehat yang cocok untuk atlet.

Selain itu, lanjut Pikal, pelatih juga harus punya semua kompetensi yang meliputi kompetensi sosial, sepak bola, dan empati kepada atlet. Karena tidak semua anak yang dilatihnya menjadi bintang pemain sepak bola.
 
Pelatihan pelatih sepak bola di Aula KONI Situbondo, Sabtu (27/11/2021) (ANTARA/Novi H)

"Pelatih harus punya empati untuk anak-anak, atau rasa memiliki. Karena semua anak yang dilatih, tidak akan semua jadi pemain sepak bola. Tapi mungkin satu jadi pemain profesional, lainnya amatir, atau bisa jadi pelatih," ucapnya.

Pikal menambahkan pelatih yang lolos pelatihan dasar  nantinya akan mendapatkan sertifikat resmi dari PSSI. Dan ini menjadi langkah awal untuk menjadi seorang pelatih.

"Saya harap pelatih ini melanjutkan pelatihan selanjutnya yaitu lisensi C. Mudah-mudahan setelah ini banyak pelatih lagi yang akan ikut pelatihan berikutnya, yaitu lisensi C," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021