Partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 59 desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang digelar pada Kamis (25/11) cukup tinggi yakni mencapai 80 persen.

"Antusiasme masyarakat dalam pesta demokrasi di tingkat desa cukup tinggi berdasarkan pemantauan yang sudah kami lakukan di beberapa tempat pemungutan suara (TPS)," kata Bupati Jember Hendy Siswanto di Kabupaten Jember, Jumat.

Sebanyak 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Jember menggelar pilkades serentak pada 25 November 2021 dengan jumlah calon kades sebanyak 214 orang yang terdiri dari laki-laki 190 orang dan perempuan 24 orang, sedangkan jumlah calon kepala desa petahana sebanyak 41 orang.

"Contoh di TPS 05 di Dusun Krajan, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung tercatat jumlah pemilih sekitar 400 orang dan mereka yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 369 orang, sehingga tingkat partisipasi pemilih lebih dari 80 persen," tuturnya.

Menurutnya pelaksanaan pilkades serentak hingga rekapitulasi penghitungan di seluruh desa yang menggelar pilkades berjalan lancar dan aman, sehingga pihaknya mengimbau kepada calon kepala desa yang menang tidak perlu euforia berlebihan dalam merayakan kemenangan.

"Pilkades itu merupakan salah satu ajang demokrasi yang harus dirayakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab, sehingga setelah selesai pilkades seharusnya bersatu kembali," katanya.

Hendy mengingatkan kepada semua calon kepala desa yang mendapatkan suara terbanyak dalam pemungutan suara untuk tetap menjaga kondisi di desanya kondusif dan tidak perlu beramai-ramai melakukan syukuran di tengah pandemi COVID-19.

"Kabupaten Jember masih level 3 PPKM, sehingga kami imbau semua pihak untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan baik," ujarnya.

Sementara Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni mengatakan anggota dewan juga melakukan pemantauan di sejumlah TPS di beberapa desa.

"Kalau saya melihat tingkat partisipasi pemilih di beberapa TPS berkisar 70-80 persen dan alhamdulillah pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Polres Jember menyiagakan sebanyak 1.468 orang yang melibatkan anggota Polres Jember, Polres Bondowoso, Polres Lumajang, Polres Situbondo, Polres Banyuwangi, Polres Pasuruan, Polres Probolinggo, dan Polres Probolinggo Kota.

Pengamanan Pilkades Jember di 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan dari total 31 kecamatan di Jember juga dibantu dari Brimob Polda Jatim, Direktorat Samapta Polda Jatim, personel TNI, Satpol PP dan Linmas.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021