Operator telekomunikasi Smartfren menggandeng Kodim 0826 Pamekasan menggelar vaksinasi COVID-19 berkeliling ke sejumlah pasar tradisional guna mendukung program pemerintah memperluas cakupan vaksinasi dan meningkatkan kekebalan komunitas.

"Vaksinasi keliling kerja sama dengan Kodim 0826 Pamekasan ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian kami dalam ikut memperluas cakupan vaksinasi, mengingat Pamekasan termasuk kabupaten yang rendah dalam cakupan vaksinasi COVID-19," kata Regional Head Smartfren North East Jawa Yulianto di Pamekasan, Selasa.

Melalui program ini diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19, sekaligus mempercepat laju cakupan vaksinasi secara nasional, khususnya di Kabupaten Pamekasasn. 

Program vaksin keliling ini telah dimulai sejak 20 November dan akan berlangsung hingga 25 November 2021 dengan lokasi pelaksanaan secara berpindah-pindah, yakni di Pasar Tradisional Panempan, Pasar 17 Agustus di Kelurahan Bugih, Pasar Parteker, Kolpajung, Pasar Tradisional Gurem, dan kembali lagi ke Pasar 17 Agustus di Kelurahan Bugih, Pamekasan.

"Smartfren dan Kodim 0826 Pamekasan memiliki misi yang sama dalam mendukung pemerintah untuk percepatan vaksinasi di seluruh Indonesia. Sebab, vaksinasi dan protokol kesehatan adalah kunci agar diri sendiri dan orang terdekat kita terhindar dari bahaya COVID-19. Karena itu kami bersama-sama menyelenggarakan vaksin keliling di berbagai pasar di Pamekasan agar lebih dekat ke pusat kegiatan publik, makin mudah dijangkau, dan tentunya mengedepankan keamanan serta kenyamanan masyarakat," katanya.

Vaksinasi keliling yang dilakukan oleh Smartfren ini juga melibatkan komunitas pengguna seluler itu dari kalangan pelajar, mahasiswa dan pemuda di Kabupaten Pamekasan.

Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf. Tejo Baskoro menyatakan dukungan dari semua elemen sangat dibutuhkan untuk mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten Pamekasan itu, mengingat hingga kini cakupan vaksinasi di Kabupaten Pamekasan masih rendah.

Vaksin keliling ke pasar-pasar tradisional yang ada di Pamekasan ini, sambung dia, merupakan salah satu bentuk inovasi dalam memperluas cakupan.

"Terima kasih kepada Smartfren dan Smartfren Community yang telah mendukung kelancaran serta percepatan program vaknisasi nasional. Program vaksin keliling ini sangatlah bermanfaat untuk masyrakat, terutama dalam memberikan kemudahan dalam memperoleh vaksin di pasar yang merupakan pusat kegiatan mereka sehari-hari," katanya.

Dandim juga berharap ke depannya perusahaan provider telekomunikasi itu lebih banyak kerja sama pada jenis kegiatan yang menyangkut kepentingan publik dan menjadi hajat hidup orang banyak, sebagaimana vaksinasi keliling ke pasar-pasar tradisional seperti saat ini.

Menurut Regional Head Smartfren North East Jawa Yulianto, sejak awal Smartfren melalui Smartfren Community telah aktif di berbagai kegiatan yang mendukung ketahanan sosial masyarakat. 

Salah satunya seperti kerja sama dengan Blood4LifeID, yakni organisasi nirlaba yang kegiatannya berfokus pada menjaga ketersediaan pasokan darah di berbagai wilayah di Indonesia dengan tujuan untuk membantu memperluas cakupan pencarian pendonor darah dengan memanfaatkan jaringan Smartfren Community dan memasok kebutuhan internet untuk para relawan.

Perusahaan provider telekomunikasi Samarfren ini merupakan salah satu perusahaan yang aktif mendukung perluasan cakupan vaksinasi di Kabupaten Pamekasan.

Perushaan lain yang juga memiliki komitmen dalam perluasan cakupan vaksinasi antara lain perushaan Rokok Seribu Satu Alami, dan PT Dua Putri Kedaton, yakni Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi di Pamekasan, serta sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021