RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur, meraih penghargaan Outstanding Achievement Public Service Innovation dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2021.

Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp. B, M.Kes di Tulungagung, Sabtu, menjelaskan penghargaan itu diraih berkat inovasi program pelayanan Instalasi Gawat Darurat Modern (Instagram).

Penghargaan bergengsi ini pun diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo di malam puncak penganugerahan penghargaan Kovablik 2021 di Exhibition Hall and Convention,Grand City Surabaya, Jumat (19/11) malam.

Pemberian penghargaan itu dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Heru Tjahjono.

"Program Instagram ini titik awal model perumahsakitan kami, dan sudah memiliki program-program inovasi turunan yang saat ini mulai menjadi 'role model' rumah sakit modern," jelasnya.
Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, M.Kes dan jajaran berfoto bersama degan memegang dua penghargaan yang diraih di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) 2021 di Exhibition Hall and Convention,Grand City Surabaya, Jumat (19/11/2021) (ANTARA/HO - Humas RSUD dr. Iskak Tulungagung)


Supriyanto menjelaskan Instagram merupakan bentuk penanganan kegawatdaruratan modern, karena menggunakan sistem patient acuity category modification.

Inovasi produk layanan kedaruratan medis ini menganut modern emergency department, yakni mengutamakan zona pasien berdasarkan tingkat kegawat daruratannya. Dengan begitu, penanganan pasien akan lebih tepat dan cepat.

Dalam implementasinya, pembagian zona pasien mulai pada sistem primer triage, yakni skrining visual dilakukan oleh tenaga terlatih berdasakan kondisi pasien, apakah pasien harus ke area kritis red zone atau "sekunder triage".

Selain itu, program Instagram telah terintegrasi dengan layanan public safety center (PSC) 119, yakni sebuah layanan kedaruratan yang komperehensif dan terpadu dalam pelayanan prarumah sakit (pra-hospital).

Dalam situasi pandemi ini, imbuh Supriyanto RSUD dr Iskak Tulungagung menerapkan skrining pasien dengan melakukan pemeriksaan swab test atau tes usap PCR kepada setiap pasien yang masuk.

Hal ini untuk memastikan kondisi pasien, sekaligus memberikan rasa aman baik bagi pasien maupun tenaga kesehatan (nakes) yang menangani.

“Hal ini merupakan new concept hospital. Sebuah konsep yang mengombinasikan manajemen rumah sakit dengan pelayanan kesehatan dengan menganut motto low cost, high quality, and social responsibility," imbuhnya.

Inovasi INSTAGRAM ini menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan kesehatan, termasuk percepatan pelayanan rumah sakit.

Supriyanto pun mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung, yang senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap pelayanan kesehatan di RSUD dr Iskak. 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021