Legislator mempelopori gerakan memasang jaringan internet atau wifi gratis sebagai upaya membantu anak-anak yang saat ini sebagian masih ada yang belajar secara daring di Kota Surabaya, Jatim.

"Awalnya, kami dicurhari emak-emak di RT 11 RW 06 Kelurahan Karang Poh soal masalah kuota internet," kata anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Josiah Michael di Surabaya, Rabu.

Mendapati hal itu, legislator dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini langsung gerak cepat dengan memasang jaringan internet gratis atau wifi di kawasan Kelurahan Karang Poh Surabaya.

"Saya akan pasang internet gratis sepanjang masih ada sekolah daring. Ini supaya lebih meringankan beban para orang tua. Jadi anak-anak fokus belajar tidak pusing mikir kuota," ujarnya.

Menurut dia, selain wifi digunakan untuk belajar daring anak-anak, juga bisa dipergunakan jaringan CCTV IP camera untuk keamanan warga kampung setempat.

Ketua RT 11 RW 06 Gadel Baru Ningsi mengucapkan, terima kasih kepada anggota DPRD Surabaya yang telah membantu sarana belajar anak-anak di tempatnya dengan terpasangnya wifi gratis ini.

"Anak-anak di tempat kami akhirnya bisa belajar daring dengan lancar tampa hambatan. Ini sangat membantu keuangan para orang tua," ujarnya.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji sebelumnya mengatakan, Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya telah menyediakan fasilitas wifi gratis tidak hanya di perkampungan, melainkan juga di setiap pasar tradisional.

"Ini juga untuk memudahkan berjualan secara daring di saat pandemi COVID-19," katanya. 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021