Forum CSR Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyalurkan bantuan uang tunai untuk pembangunan rumah milik warga kurang mampu yang ambruk karena sudah lapuk.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, bantuan uang tunai sebesar Rp15 juta untuk pembangunan rumah milik Insani (45) warga Dusun Bantongan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, itu, sudah disepakati oleh Forum CSR.

"Alhamdulillah Forum CSR Situbondo sudah hadir bersama kami ke lokasi dan bersepakat untuk membantu membangun kembal rumah milik Insani," kata Bung Karna, sapaan bupati, di Situbondo, Selasa (16/11).

Selain memberikan bantuan uang untuk pembangunan rumah warganya itu, Bupati Situbondo juga menyerahkan bantuan dari pemerintah daerah, yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo.

"Selain uang untuk membangun kembali rumah milik Ibu Insani ini, kami juga berikan bantuan lainnya dari pemerintah," tuturnya.
Bupati Situbondo Karna Ssuwandi bersama Forum CSR di lokasi rumah warga miskin yang ambruk di Dusun Bentongan, Desa Sumberkolak, Panarukan, Situbondo. Selasa (16/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Kata Bung Karna, Ibu Insani sangat layak untuk dibantu pembangunan rumahnya, karena ibu dua anak itu menjadi tulang punggung keluarga, setelah suaminya meninggal dunia beberapa tahun lalu.

"Warga yang kondisinya seperti ini, wajib kita bantu. Kalau bukan kita, siapa lagi," tuturnya.

Rumah Insani ambruk pada Selasa, 16 November 2021 sekitar  pukul 07:30 WIB. Saat itu, Insani sedang keluar rumah. Sedangkan anaknya, Ridho Rahman (10) sedang tidur di kamarnya.

Warga yang mengetahui kejadian itu, langsung memberikan bantuan dan menolong Ridho dari reruntuhan rumah.

"Bangunan rumahnya sudah lapuk. Apalagi sering diguyur hujan. Sehingga kondisi kayu rumahnya rapuh dan tidak kuat menahan beban," kata Bupati Karna Suswandi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021